Gempa M 5,4 Guncang Timor Tengah Utara

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Ilustrasi gempa bumi. Seismograf, alat perekam getaran gempa (detikcom)

Mediaapakabar.com
Gempa terjadi di Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT). Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 5,4.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada Jumat (20/8/2021) pada pukul 23.45 WIB. Gempa berada di titik koordinat 9,09 lintang selatan, dan 124,20 bujur timur.


"Pusat gempa berada di laut, 59 km barat laut Timor Tengah Utara," tulis BMKG dalam keterangannya dilansir dari detikcom, pada Sabtu, 21 Agustus 2021.


Gempa tersebut terjadi di laut dengan titik gempa di kedalaman 28 km. Gempa dirasakan di wilayah Timor Tengah Utara, dan Alor.


Di Timor Tengah Utara, gempa dirasakan dengan kekuatan III MMI hingga IV MMI. Sementara di Alor, gempa dirasakan dengan kekuatan II MMI hingga III MMI.


Pada II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Kemudian, III MMI berarti getaran yang dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seperti-akan ada truk berlalu. Sementara pada IV MMI, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderit dan dinding bunyi.


Belum diketahui informasi mengenai ada kerusakan akibat gempa tersebut. Termasuk soal ada tidaknya korban jiwa pada kejadian itu. ( DTC/MC )

Share:
Komentar

Berita Terkini