Buka Rakorda Baznas se-Sumut, Edy Rahmayadi Minta Dana ZIS Dapat Menggerakkan Ekonomi Umat

Media Apa Kabar
Kali Dibaca
Ket Foto: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) se-Sumut tahun 2021 yang diselenggarakan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Senin ( 30/8/2021).

Mediaapakabar.com
- Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumut untuk mengalirkan dana Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) kepada umat tidak hanya barang konsumtif, melainkan harus bersifat produktif, yang dapat menggerakkan ekonomi umat. 

Hal ini disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi saat menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Baznas se-Sumut tahun 2021 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Senin (30/8).

Hadir di antaranya Ketua Baznas RI KH Noor Achmad, Ketua Baznas Sumut Amansyah Nasution, Ketua MUI Sumut Maratua Simanjuntak, serta para Ketua Baznas Kabupaten/Kota se-Sumut.

"Kedepan saya meminta untuk mengalirkan bantuan pada penerima zakat dan lainnya sebaiknya tidak konsumtif, tetapi akan lebih pada bantuan yang produktif, agar dapat menggerakkan ekonomi umat," ucap Edy Rahmayadi

Selain itu, Edy juga mengingatkan pada semua pengurus Baznas untuk bekerja dengan baik, menjalankan amanah pengiriman zakat ini sesuai yang berhak menerimanya. "Selamat melaksanakan rapat ini, semoga dapat melahirkan program yang bermanfaat," katanya. 

Ketua Baznas RI KH Noor Achmad dalam Arahnya mengingatkan pada seluruh pengurus Baznas Sumut pada visi dan misi Baznas dalam pengelolaan dana umat, yakni menyejahterakkan umat. Yang utama dijelaskannya, Baznas Sumut harus segera melakukan penguatan SDM, sarana dan prasarana serta jaringan.

Dengan terbentuknya memperkuat ini, menurut Noor Achmad, diharapkan segala program dalam menjalankan amanah ini dapat berjalan dengan baik dan akuntabilitas. "Di sini saya lihat masih ditemukannya Baznas daerah yang belum memiliki kantor. Dengan adanya kantor ini nantinya diharapkan segala administrasi dan data masyarakat di daerah tersebut dapat tertata dengan baik," katanya. 

Sementara Ketua Baznas Sumut Amansyah Nasution melaporkan, Baznas Sumut telah membangun kepercayaan masyarakat Sumut dalam pengelolaan dana ZIS melalui edukasi dan sosialisasi pada organisasi perangkat daerah (OPD) instasi vertikal Pemprov Sumut, BUMD serta bekerja sama dengan MUI. 

"Selain itu kita juga melakukan Focus Group Discussion dengan Rektor Perguruan Tinggi, yang membahas distribusi ZIS di daerah, baik pondok pesantren dan masjid serta lainnya," katanya. (Mc/Merah)




Share:
Komentar

Berita Terkini