Presma Institut Global: Pakaian Adat Baduy yang dikenakan Pak Jokowi sebagai Bentuk Komitmen Kebhinekaan

Media Apa Kabar
Kali Dibaca
Ket Foto: Suryo Utomo, Presiden Mahasiswa Institut Global 

Mediaapakabar.com
- Presiden Joko  Widodo (Jokowi) menggunakan pakaian dari suku Baduy saat menghadiri sidang tahunan MPR RI pada 16 Agustus 2021.

Jokowi mengenakan satu set pakaian suku asal Banten tersebut, mulai dari dari lomar atau ikat kepala, baju tradisional warna hitam, dan tas koja.

Suryo Utomo, Presiden Mahasiswa Institut Global mengatakan hampir seluruh media mainstream membahas tentang suku Baduy dan kebudayaannya. 

“Saya sangat bangga dengan tindakan bapak presiden joko widodo dalam mempromosikan keberagaman budaya Indonesia dengan memakai baju adat sejak tahun 2017 hingga saat ini dalam sidang tahunan MPR 2021, dengan mengenakan baju adat suku baduy asli banten pada tahun ini dan saya berharap hal ini dapat dilanjutkan untuk tahun-tahun selanjutnya,” kata Suryo.

Menurutnya, pemakaian berbagai busana adat pada acara-acara besar kenegaraan, termasuk sidang tahunan MPR kemarin yang dilakukan Jokowi bukan hanya sebatas tradisi, tetapi juga komitmen dia terhadap kebhinekaan dan melindungi seluruh rakyatnya.

“Dalam sidang tahunan MPR 2021 bapak presiden joko widodo menyampaikan bahwa jika ingin sehat warga juga harus sehat dan beliau juga mengatakan bahwa penyakit adalah musibah bersama dan menjadi sehat adalah agenda kita bersama. Kami sebagai mahasiswa juga ikut turut menjaga protokol kesehatan dan siap mensukseskan program vaksinasi,” ujarnya.(MC/Red)


Share:
Komentar

Berita Terkini