12 Daerah Larang Sekolah Tatap Muka, Kemendikbud-Pemda Diminta Koordinasi

REDAKSI
Rabu, 25 Agustus 2021 - 17:31
kali dibaca
Ket Foto : Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda (detikcom)

Mediaapakabar.com
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengungkap ada 12 daerah yang melarang pembelajaran tatap muka atau PTM. Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menilai Kemendikbud perlu kembali melakukan sosialisasi ke daerah.

"Jadi ada dua hal menurut saya yang harus dilakukan oleh Kemendikbud, pertama jangan jangan ini tentang sosialisasi yang belum masif yang dipahami secara utuh oleh pemda-pemda. Karena itu kita mendorong Kemendikbud melakukan sosialisasi yang lebih masif lagi terkiat SKB 3 menteri yang menyebutkan bahwa untuk semua daerah level 1,2,3 sebenarnya sudah harus ada opsi untuk membuka sekolah tatap muka," ujar Syaiful Huda dilansir dari detikcom, pada Rabu, 25 Agustus 2021.


Selain itu, Kemendikbud menilai perlu melakukan kerja sama dengan pemda. Salah satu caranya adalah mengkoordinasikan dan menanyakan kendala yang dialami pemda.


"Kedua, Kemendikbud harus mengefektifkan kerja sama dengan pemda-pemda, jadi tidak cukup banyak bantuan, tidak cukup meminta bantuan untuk komisi 10 tidak cukup, dan tidak cukup berkeluh kesah di ruang publik. Jadi Kemendikbud harus mengambil prakarsa lebih, kerja sama yang efektif dengan pihak. Pemda, tanya kenapa tidak dibuka, masalahnya apa, apakah soal atau ada masalah lain," tuturnya.


Syaiful menilai saat ini Kemendikbud belum melakukan koordinasi yang efektif dan mitigasi ke pemda. Padahal, pentingnya perlu adanya kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah.


"Saya kira perlu Kemendikbud melakukan mitigasi, mengapa ke pemda yang semestinya sudah masuk di level 1, 2, 3, tapi enggan tatap muka. Pasti akan perkuat nanti setelah dimitigasi," tuturnya.


Saya merasa sampai pada tingkat melakukan mitigasi, dan koordinasi efektif ini belum dilakukan oleh Kemendikbud, karena itu yang mendorong ini bisa dilakukan. Karena yang terjadi kan Pemda tidak mau dimasalahkan, bagaimana ini bisa ditanggung bersama, baik pemda maupun pusat, yang dalam hal ini Kemendikbud," sambungnya.


ada Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengungkap ada 12 daerah yang melarang penyelenggaraan pembelajaran tatap muka atau PTM. Padahal, menurut Nadiem, daerah tersebut dinilai sudah dapat melakukan sekolah tatap muka.


"Tentunya tidak rata sama sekali, setiap daerah punya persentase yang melakukan PTM terbatas yang sangat berbeda, tentunya banyak korelasi dengan tren pandemi di masing-masing daerah atau kenyamanan pemerintah daerahnya," kata Nadiem dalam raker dengan Komisi X DPR RI yang disiarkan akun YouTube DPR, Senin (23/8/2021).


Dari 12 daerah yang melarang sekolah tatap muka, mayoritas berada di Pulau Sumatera. Nadiem meminta tolong kepada Komisi X agar daerah tersebut dapat segera melaksanakan sekolah tatap muka.


"Ada beberapa daerah nih, Bapak-Ibu anggota Komisi X, tolong bantuannya. Ada beberapa yang masih melarang PTM terbatas, dilarang oleh pemdanya, padahal sudah jelas mereka harus mulai melakukannya, ya tolong," ujar Nadiem.


"Ada Kepulauan Riau, ini mohon dukungannya, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Pemkot Serang, Pemprov Gorontalo, Pemkab Lampung Tengah, Pemkab Tanggamus, Pemkab Lampung Utara, Pemkab Waykanan, Pemkab Pesawaran, Pemkab Tulang Bawang, dan Pemkab Mesuji. Ini beberapa daerah yang secara eksplisit dilarang oleh pemdanya. Jadi, bapak-ibu, tolong dukungannya untuk mensosialisasikan ini agar segera dilakukan," sambungnya. ( DTC/MC )

Share:
Komentar

Berita Terkini