Syukurlah, Panda Raksasa China Kini Tidak Lagi Terancam Punah

REDAKSI
Senin, 12 Juli 2021 - 11:06
kali dibaca
Ket Foto : Panda Raksasa. (VIVA)

Mediaapakabar.com
Setelah sebelumnya diberitakan bahwa spesies panda raksasa telah masuk ke dalam daftar spesies yang terancam punah, kini panda raksasa China ini telah melakukannya dengan baik dalam beberapa tahun terakhir.

Setelah bertahun-tahun upaya konservasi yang berhasil, pejabat China telah mengumumkan minggu ini bahwa panda raksasa tidak lagi terancam punah, meskipun masih dianggap 'rentan'.


Cui Shuhong, kepala departemen konservasi alam dan ekologi kementerian lingkungan, mencatat bahwa perubahan status mencerminkan upaya negara itu untuk melestarikan keanekaragaman hayati dan itu karena "kondisi kehidupan yang lebih baik dan upaya China dalam menjaga habitat mereka tetap terintegrasi."


Tidak dapat disangkal bahwa pihak berwenang telah berusaha keras untuk membantu spesies ini dalam beberapa tahun terakhir, dengan upaya bersama dilakukan untuk menanam kembali hutan bamboo, sebagai sumber makanan utama mereka.


Kini, diperkirakan ada sekitar 1.800 individu di alam liar. Spesies asli lainnya, seperti macan tutul amur dan harimau Siberia, juga mengalami peningkatan populasi karena alasan yang sama.


Dilansir dari VIVA, Senin, 12 Juli 2021, sementara berita itu disambut baik oleh para konservasionis, beberapa telah memperingatkan bahwa reklasifikasi berisiko mendorong kepuasan atas status spesies yang masih rentan.


Penting untuk mempertahankan upaya selama tahun-tahun mendatang untuk memastikan segala sesuatunya tidak tergelincir lagi ke belakang. Mari kita dukung bersama upaya pelestarian ini!. (VC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini