Rektor Apresiasi Bincang Santai Publikasi yang Digelar Pascasarjana UMSU

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Rektor Apresiasi Bincang Santai Publikasi yang Digelar Pascasarjana UMSU.

Mediaapakabar.com
Rektor UMSU, Prof Dr Agussani, MAP mengapresiasi "Bincang Santai Publikasi (Buku) yang digelar Pascasarjana UMSU bekerja sama dengan UMSU Press melalui zoom, Kamis (29/7/2021). 

Acara menampilkan narasumber Anggung Gunawan (Alumni Master of Publishing Media, Oxford Brookes University, UK), Dr Syaiful Bahri, MAP (Direktur Pascasarjana) dan Muhammad Arifin, MPd (Kepala UMSU Press) dengan moderator Assoc Prof Dr Muhammad Fitra Zambak, MSc (Wadir Pascasarjana). 


Rektor mengatakan Pascasarjana UMSU di tengah COVID-19 saat ini, terus berusaha melaksanakan agenda-agenda kegiatan dalam dunia akademik dan kemahasiswaan yang sangat bermanfaat. 


UMSU, lanjutnya terus berupaya agar perkembangan terkait publikasi dan penulisan buku selalu meningkat. 


Tentunya dengan memberi motivasi. Dalam kurung waktu  4 tahun lalu telah mencantumkan dalam anggaran belanja UMSU Rp2,5 miliar. 


Dana ini diperuntukkan hibah penelitian internal sehingga para dosen bisa melakukan penelitian dan menulis publikasi salah satunya buku. 


Di bidang karya ilmiah, pada periode Januari-April 2021 UMSU telah mengalokasikan dana yang cukup besar untuk insentif.


"Ini ada komitmen agar dosen kita rajin melakukan penelitian dan pengabdian yang berkontribusi kepada kepangkatan dan pengisian BKD serta pemeringkatan secara institusi," katanya.


UMSU terus mendorong untuk mencari bagaimana upaya-upaya agar bisa bermitra dalam rangka hibah untuk mendapatkan kualitas dosen seperti dapat hibah publikasi internasional dari Pemprovsu sebanyak 20 orang dan ini bermuara luaran jurnal Scopus. 


Berdasarkan data, jumlah dosen UMSU yang menulis buku 581 orang. Ini akan terus ditingkatkan. Bincang sore hari ini adalah satu cara agar dosen kita meningkatkan publikasi buku. 


Rektor mengapresiasi UMSU Press yang sudah menerbitkan 257 naskah dengan cetak 26.600 eksemplar. "Ini suatu kesyukuran dan ini akan terus meningkat," ujarnya.


Narasumber Anggun Gunawan mengatakan motivasi awal menulis buku bukan mencari uang tapi sharing pengetahuan. Di UK sendiri penghasilan dari menulis buku masih di bawah UMR di negara tersebut. 


Alangkah baiknya memang bagaimana para mahasiswa S2 itu menulis dahulu baik dari tugas kuliah atau dari tesisnya. Ini akan lebih bermanfaat ke depan. 


Direktur Pascasarjana, Syaiful Bahri lebih kepada memotivasi mahasiswa mau menulis buku dengan cinta. Meminta agar lebih fokus dan komitmen. 


Kepala UMSU Press, Muhammad Arifin menyoroti masih banyak dosen yang jago speaking tapi lemah dalam publikasi buku. Kondisi ini harus diperbaiki, dosen yang tidak mampu menulis bisa belajar ke penerbit atau berkolaborasi.


Saat ini, UMSU Press terus bergerak mendampingi dan memotivasi dosen mau menulis buku dengan memberi ruang konsultasi dan pinjaman. Acara di akhiri dengan tanya jawab. 


Moderator yang juga Wadir Pascasarjana UMSU, Muhammad Fitra Zambak berjanji acara ini akan menjadi agenda rutin. (MC/Red)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini