Peneliti China Korban Tewas Pertama Infeksi Virus B Monyet

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Ilustrasi monyet. (Dok. commons.wikimedia.org/Albert A)

Mediaapakabar.com
Seorang dokter hewan yang merangkap sebagai peneliti menjadi orang pertama yang meninggal akibat terinfeksi Virus Monyet B di China.

Dilansir surat kabar Global Times, Rabu (21/7/2021), peneliti yang meninggal akibat infeksi Virus Monyet B itu adalah seorang lelaki berusia 53 tahun. Menurut laporan, dia bekerja sebagai peneliti di lembaga riset hewan primata.


Dalam laporan jurnal mingguan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular China, peneliti itu dilaporkan mengalami mual dan muntah-muntah dalam jangka waktu satu bulan setelah dia membedah dua ekor monyet yang meninggal pada Maret lalu.


Sang peneliti kemudian dirawat di sejumlah rumah sakit dan meninggal pada 27 Mei lalu. Menurut laporan jurnal itu, sampai saat ini belum pernah ada laporan kematian yang disebabkan oleh infeksi virus Monyet B di China.


Maka dari itu, kasus yang dialami sang peneliti menjadi kematian yang pertama di Negeri Tirai Bambu. Menurut laporan, kondisi rekan-rekan sang peneliti yang meninggal itu sejauh ini masih terpantau baik.

   

Para peneliti lantas mengambil contoh cairan batang otak dari tubuh sang peneliti pada April lalu, dan setelah dianalisis ternyata dia terinfeksi virus Monyet B. Sedangkan sampel cairan batang otak dari sejawat sang peneliti dinyatakan negatif.


Virus itu ditemukan pada 1932, berjenis alpha herpesvirus enzootic dan ditemukan di monyet genus Macaca. Virus itu bisa berpindah inang melalui kontak langsung cairan tubuh, dan mempunyai persentase tingkat kematian antara 70 persen sampai 80 persen.


Di dalam jurnal itu disebutkan Virus B merupakan ancaman bagi peneliti. Mereka menganjurkan supaya para peneliti terlebih dulu menghilangkan Virus B selama pengembangan koloni rhesus bebas patogen spesifik dan memperketat pengawasan di kera yang menjadi kelinci percobaan di laboratorium. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini