Kenangan Pahit Roberto Mancini di Medan: Dipermalukan Timnas Indonesia

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Pelatih Italia Roberto Mancini punya kenangan pahit di Medan, Sumatera Utara. Dia pernah bermain di sana dan dipermalukan Timnas Indonesia. (Instagram @coachfakhfri)

Mediaapakabar.com
Pelatih Italia Roberto Mancini punya kenangan pahit di Medan, Sumatera Utara. Dia pernah bermain di sana dan dipermalukan Timnas Indonesia.

Momen tersebut terukir pada 1996. Mancini yang saat itu berstatus sebagai Kapten Sampdoria berkunjung ke Indonesia.


Dia dan rekan-rekan menghadapi Timnas Indonesia senior di Stadion Teladan, Medan tepatnya pada 6 Juni 1996. Mancini masih berusia 32 tahun kala itu.

Ket Foto : Roberto Mancini usai mengantar Italia juara Euro 2020. (Reuters)

Dia bersalaman dengan kapten Timnas Indonesia Fakhri Husaini jelang pertandingan dimulai. Momen tersebut sempat diunggah Coach Fakhri pada 2018 di Instagram.


"22 tahun lalu di Stadion Teladan Medan, tepatnya 6 Juni 1996 bersama Roberto Mancini kapten tim Sampdoria (sekarang menjadi pelatih Timnas Italia)," tulis Coach Fakhri dilansir dari iNews.id, Minggu, 18 Juli 2021.


Di luar dugaan Sampdoria yang dilatih Sven Goran Eriksson kewalahan menghadapi permainan Indonesia. Tim Garuda bahkan akhirnya bisa menang dengan skor 2-1.


Dua gol kemenangan Indonesia dicetak almarhum Eri Irianto pada menit ke-45 dan tendangan menyusur bomber legendaris Peri Sandria (65). Tim Garuda berhasil memanfaatkan dukungan penuh suporter untuk membungkam Mancini dan kolega.


Terlepas dari hal tersebut, Mancini merupakan gelandang andal yang mengukir segudang prestasi. Dia pernah merasakan nikmatnya juara Liga Italia bersama Sampdoria dan Lazio.


Ket Foto : Roberto Mancini dan skuad Italia juara Euro 2020. (Reuters)

Bahkan dengan Lazio, Mancini menjuarai Piala Winners 1999. Dia memutuskan gantung sepatu dari sepak bola pada 2001 dan melanjutkan karir di dunia allenatore.


Kiprahnya di dunia kepelatihan tak kalah mentereng. Mancini meraih scudetto bersama Inter Milan.


Kemudian dia mencium trofi Liga Inggris bareng Manchester City. Teranyar Mancini mengantarkan negaranya Italia juara Euro 2020. (II/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini