Kebakaran Oregon Meluas, Ribuan Penduduk Mulai Mengungsi

REDAKSI
Selasa, 20 Juli 2021 - 10:16
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi kebakaran. (iStock/Kesu01)

Mediaapakabar.com
Kebakaran hutan besar terjadi di kawasan bagian selatan Oregon pada Senin (19/7). Pemerintah setempat mengatakan kebakaran yang diduga terjadi akibat angin panas dan kering tersebut telah menggusur sekitar 2.100 penduduk setelah menghancurkan 67 rumah.

Juru Bicara Departemen Kehutanan Oregon Marcus Kauffman mengatakan sekitar 2.200 personel pemadam kebakaran untuk memadamkan api yang disebut dengan Bootleg.


Komandan Pemadam Kebakaran Joe Hessel juga mengatakan mereka berupaya memadamkan api tersebut sepanjang hari dan malam.


"Api ini adalah tantangan nyata, dan kami melihat pertempuran berkelanjutan di masa mendatang," kata Joe Hessel seperti dilansir Reuters.


Kobaran api tersebut telah menghanguskan hampir 123.020 hektare di sekitar kawasan Hutan Nasional Fremont-Winema, atau hampir sama dengan setengah luas daratan Rhode Island.


Berdasarkan data Pusat Kebakaran Antar Badan Nasional di Boise, Idaho, Bootleg ditemukan di 80 kebakaran hutan yang secara kolektif telah menghanguskan 1,2 juta hektare 13 negara bagian.


Lebih dari 19,6 ribu petugas pemadam kebakaran menghadapi api tersebut.


Rentetan kejadian itu menandai awal musim kebakaran yang lebih berat dari biasanya.


Hal itu bertepatan dengan rekor panas yang membakar sebagian besar wilayah dalam beberapa pekan terakhir dan diduga menjadi penyebab atas ratusan kematian.


Para ilmuwan mengatakan meningkatnya frekuensi dan intensitas kebakaran hutan sebagian besar disebabkan kekeringan yang berkepanjangan dan meningkatnya serangan panas berlebihan yang merupakan gejala perubahan iklim. (REUTERS/CNNI)

Share:
Komentar

Berita Terkini