Jaga Keselamatan Anak, Bobby Nasution Terus Maksimalkan Persiapan PTM

Media Apakabar.com
Selasa, 06 Juli 2021 - 17:29
kali dibaca
Foto: Bobby Nasution saat  door stop dengan wartawan di Balai Kota Medan, Senin (5/7).

Mediaapakabar.com
Meski pun Gubsu Edy Rahmayadi telah mengeluarkan surat edaran agar seluruh kabupaten/kota  di Sumut  untuk menunda  pelaksanaan sekolah tatap muka hingga  Agustus mendatang,  namun Wali Kota Medan Bobby Nasution tetap menyediakan opsi apabila sekolah tatap muka dilaksanakan kembali.

Sebab, Bobby Nasution tidak ingin menyiapkan fasilitas pendukung pelaksanaan pertemuan tatap muka (PTM) dilakukan terburu-buru demi menjaga keselamatan anak-anak (siswa). Selain terus memaksimalkan persiapan PTM, Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan  juga telah melakukan simulasi.

Di samping memaksimalkan persiapan PTM, Bobby Nasution juga telah meminta Dinas Pendidikan agar  melaksanakan pembelajaran secara daring  di Kota Medan sampai  menunggu arahan dari Gubsu selanjutnya. "Kita sedia payung sebelum hujan. Jangan sampai  jaminan keselamatan bagi anak-anak terancam, tidak boleh seperti itu. Oleh karena itu, kami (Pemko Medan) terus melakukan persiapan jika PTM diperbolehkan kembali, " kata Bobby Nasution saat  door stop dengan wartawan di Balai Kota Medan, Senin (5/7).

Tidak hanya di dalam sekolah yang menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan saja untuk memaksimalkan seluruh fasilitas pendukung guna dilakukan PTM, Bobby Nasution juga telah menginstruksikan
 Dinas Perhubungan  (Dishub)  Kota Medan untuk mendukungnya. Dikatakan Bobby, Dishub  harus memperhatikan  angkutan umum yang digunakan para siswa sebagai sarana transportasi  untuk pergi maupun pulang sekolah. Sebab,  angkutan umum tidak tertutup menjadi  salah potensi   penyebaran Covid-19 sehingga harus benar-benar diawasi dengan ketat sehingga para siswa nanti aman menggunakannya.

“Kita mau anak-anak tidak hanya  aman  dalam sekolah saja, mereka juga harus aman saat mereka berada di angkutan umum yang menjadi transportasinya menuju  maupun pulang sekolah,"  ungkapnya seraya menambahkan Pemko Medan akan terus mempersiapkan fasilitas sekolah  tatap muka dengan mengikuti protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Selain itu, Bobby Nasution juga mengungkapkan, guna memaksimalkan persiapan PTM, Pemko Medan saat ini tengah melakukan persiapan untuk dilakukannya  vaksinasi terhadap anak-anak. Sebab, terangnya, Kementrian Kesehatan telah memberikan  petunjuk teknis (juknis) kepada Pemko Medan,  Senin (5/7) terkait pelaksanaan vaksinasi anak tersebut. Bobby merencanakan, pelaksanaan vaksinasi anak itu akan dilakukan Pemko Medan mulai, Rabu (7/7), bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional (HKN). Dikatakannya, pelaksanaan vaksinasi anak akan didampingi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)

“Yang masuk kategori anak mulai umur 12 – 18 tahun. Mereka perlu pendampingan dari dokter anak. Hal-hal seperti ini yang harus kita pelajari teknis pelaksanaannya. Vaksinasi ini tidak bisa kita lakukan seperti vaksinasi massal pada umumnya. Kalau pemberian vaksinasi kepada anak-anak sama seperti orang dewasa mereka tentunya tidak nyaman,” paparnya. (MC/Arf)



Share:
Komentar

Berita Terkini