Italia dan Inggris Jumpa di Final Euro 2020, Ini Rekor Pertemuannya!

REDAKSI
Kamis, 08 Juli 2021 - 22:12
kali dibaca
Ket Foto : Rekor head-to-head Italia vs Inggris (Getty Images/Christopher Lee)

Mediaapakabar.com
Final Euro 2020 akan mempertemukan Italia vs Inggris. Bagaimana rekor pertemuan kedua raksasa Eropa tersebut?

Italia lebih dulu lolos ke final setelah menyingkirkan Spanyol di Wembley, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. Italia menang lewat adu penalti dengan skor 4-2 setelah berimbang 1-1 selama 120 menit.


Sehari setelahnya, Inggris menyusul lewat kemenangan 2-1 atas Denmark lewat babak perpanjangan waktu. Inilah final Euro 2020, final impian yang ditunggu banyak fans sepakbola di dunia.


Sebab, Italia dan Inggris memang tampil prima di kompetisi ini serta punya keunikan: lini belakang yang kukuh. Italia baru kebobolan tiga gol dari enam pertandingan.


Inggris bahkan lebih tangguh karena baru kebobolan di babak semifinal setelah clean sheet di lima laga beruntun. Ini adalah pertemuan pertama kedua tim di babak final turnamen besar, tapi bukan yang pertama secara keseluruhan.


Sebelum ini, Italia dan Inggris sudah 27 kali bertemu di seluruh kompetisi. Tentu saja Italia lebih unggul dalam jumlah kemenangan, yakni 10 berbanding delapan milik Inggris. Sementara, sembilan laga lainnya berakhir imbang.


Jika dilihat catatan pertemuannya, jelang Final Euro 2020, duel kedua tim nyaris berimbang dan cenderung ketat. Tapi, jika bicara soal turnamen besar, Italia masih superior ketimbang Inggris karena selalu memenangi empat pertemuan sebelumnya.


Diawali pada Euro 1980 saat Italia menang 1-0 atas Inggris lewat gol Marco Tardelli. Pada Piala Dunia 1990, Italia juga berhasil menaklukkan Inggris di babak semifinal lewat gol Roberto Baggio dan Salvatore Schillaci dengan skor 2-1.


Dilansir dari detikcom, pada Euro 2012, Italia menaklukkan Inggris di babak perempat final lewat adu penalti setelah berimbang 0-0. Lalu, yang terakhir di Piala Dunia 2014, Italia menang 2-1 atas Inggris di fase grup.


Setelah itu Italia tak pernah lagi bertemu Inggris di turnamen besar. Duel di Wembley akhir pekan ini bisa jadi momentum bagus kedua tim membuktikan diri siapa yang terbaik di Benua Biru tahun ini. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini