Ini Kronologi Ledakan di Pasar Gaza yang Tewaskan 1 Orang

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Ilustrasi ledakan. (Istockphoto/Inhauscreative)

Mediaapakabar.com
Ledakan besar mengguncang sebuah pasar terkenal di Jalur Gaza, Palestina, setidaknya menewaskan satu orang dan melukai 10 orang lainnya pada Kamis (22/7/2021).

Pihak berwenang Palestina melaporkan beberapa korban luka ledakan di Pasar Zawiya berada dalam kondisi kritis dan telah dibawa ke Rumah Sakit Shifa.


Sebagaimana dilansir Associated Press, hingga kini penyebab ledakan belum juga jelas.


Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Palestina, Iyad al-Buzum, mengatakan ledakan terjadi di sebuah rumah susun yang terdiri dari beberapa lantai hingga menyebabkan kerusakan sebagian besar bagian gedung.


Ledakan tersebut mengakibatkan rumah-rumah dan toko di sekitar gedung juga ikut rusak.


Al-Buzum menuturkan kepolisian dan petugas ambulan telah dikerahkan ke lokasi kejadian. Penyelidikan, kata dia, juga tengah dilakukan pihak berwenang.


Sementara itu, tim pasukan keamanan sipil Palestina menuturkan ledakan itu bersumber dari kebakaran yang disebabkan toko gas di bawah gedung tiga lantai tersebut.


Ledakan ini terjadi pada hari ketiga libur Idul Adha.


Di sisi lain, militer Israel mengisyaratkan tidak terlibat ledakan itu. Israel menyebut insiden itu sebagai "masalah internal Gaza".


Jalur Gaza saat ini masih berjuang bangkit setelah dilanda kerusakan parah akibat perang 11 hari antara Israel dan kelompok Hamas yang menguasai daerah itu pada Mei lalu.


Setidaknya 254 orang tewas, termasuk 67 anak-anak dan 39 wanita akibat pertempuran Israel-Hamas itu. Sementara Hamas mengakui 80 pejuangnya gugur dalam pertempuran itu.


Sementara 12 warga Israel termasuk dua anak-anak dan seorang tentara tewas selama perang tersebut.


Bank Dunia awal bulan ini mengatakan pembangunan Gaza akan menelan biaya US$485 juta, termasuk US$380 juta untuk membangun kembali infrastruktur yang rusak. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini