Daftar Bansos PPKM Darurat yang Segera Cair

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca

Ket Foto : Pemerintah akan menyalurkan bansos selama PPKM Darurat. Di antaranya, bansos beras, bansos tunai (BST), PKH, BNPT atau sembako, dan BLT Dana Desa. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya). 



Mediaapakabar.com
Pemerintah menggelontorkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat  selama PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021. Bansos tersebut ditargetkan segera cair dalam waktu dekat, yakni dalam pekan ini. 

Berikut sejumlah bansos yang akan cair dalam waktu dekat seperti dilansir dari CNNIndonesia.com pada Selasa (13/7/2021). 


Bansos beras 

Pemerintah berencana memberi beras sebanyak 10 kilogram (kg) bagi penerima Bantuan Sosial Tunai (Bansos Tunai/BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH). 


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan penyaluran bansos beras tersebut dimulai pada Rabu (14/7/2021). 


Proses distribusi akan dilakukan oleh TNI dan Polri di seluruh lokasi tempat tinggal warga kurang mampu. 


"Jadi semua titik yang memungkinkan ada kekurangan pangan atau kurang beras akan dibagikan TNI dan berlaku Rabu ini," ucap Luhut dalam konferensi pers awal pekan kemarin. 


Ia menuturkan bantuan tersebut diberikan dalam dua kemasan, yakni paket berisi beras 5 kg dan 10 kg. 


Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah mempersiapkan anggaran untuk bansos beras 10 kg kepada 20 juta penerima program bansos tunai. 



Bantuan Sosial Tunai (BST

Menteri Sosial Tri Rismaharini akan menyalurkan BST kepada masyarakat kurang mampu senilai Rp300 ribu per bulan per penerima selama PPKM Darurat. 


Rencananya, BST akan diperpanjang dua bulan dari Juli-Agustus, sehingga dana yang diterima masyarakat mencapai Rp600 ribu per penerima. 


Targetnya, BST bisa disalurkan mulai pekan lalu atau paling lama sampai akhir pekan ini. Pencairan akan diberikan untuk untuk dua bulan sekaligus, sehingga diharapkan bisa menjadi bantalan bagi masyarakat selama PPKM darurat. 


PKH Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan penyaluran dana PKH akan diberikan selama tiga bulan sekaligus pada Juli ini. 


Percepatan PKH untuk kuartal III ini dilakukan guna memberi bantalan bagi masyarakat rentan selama pelaksanaan PPKM Darurat.


"Dengan PPKM Darurat mestinya kuartal III akan dipercepat penyaluran pada Juli sehingga akan mendapat tiga bulan sekaligus Juli ini dan akan memperkuat daya tahan sosial keluarga penerima PKH," katanya pada konferensi pers Aspek APBN Terhadap Implementasi PPKM Darurat. 


Pemerintah memberikan bantuan PKH untuk masyarakat rentan sesuai dengan indeks bantuan atau kebutuhan. Untuk keluarga yang memiliki anak usia dini dan ibu hamil, dana yang diberikan sebesar Rp3 juta. 


Sementara, Rp900 ribu untuk kategori pendidikan anak SD, Rp1,5 juta untuk pendidikan anak SMP, Rp2 juta untuk pendidikan anak SMA, penyandang disabilitas dan lansia Rp2,4 juta. 


BPNT atau Kartu Sembako 

Serupa, pemerintah juga akan mempercepat realisasi BPNT atau Kartu Sembako sepanjang kuartal III pada Juli ini. Penerima berhak mendapat Rp200 ribu per bulan untuk kebutuhan pangan. Nantinya, BPNT disalurkan lewat kartu elektronik kepada 18,8 juta penerima. 


BLT Dana Desa 

Sri Mulyani juga mempercepat penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, di tengah penerapan PPKM Darurat. Ia menyebut BLT Desa akan disalurkan sekaligus untuk tiga bulan pada Juli. Sebagai informasi, BLT Desa diberikan kepada kelompok rentan dan miskin sebesar Rp300 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM) setiap bulannya. 


"Kami mempercepat penyaluran BLT Desa, sebab ini juga sangat penting pada saat dilakukan PPKM Darurat terutama pada zona-zona merah," katanya pada konferensi pers Aspek APBN Terhadap Implementasi PPKM Darurat. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini