Briptu Yusron, Satu-satunya Dari Divhumas Polri Siap Menjaga Perdamaian Dunia

Media Apakabar.com
Jumat, 09 Juli 2021 - 20:39
kali dibaca
Foto: Briptu Yusron Ilyasin (Istimewa)

Mediaapakabar.com
- Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) tak pernah absen mengirimkan pasukannya untuk menjalankan misi perdamaian dunia di bawah naungan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). 

Pertama kali, Polri berpartisipasi dalam misi pemeliharaan perdamaian dunia dengan mengirimkan 50 personel civilian police ke Namibia yang ketika itu baru merdeka pada tahun 1989.

Pada tahun ini, Polri tengah menggembleng personel-personel terpilih dari seluruh jajaran kepolisian se-Indonesia dalam Latihan Prapenugasan (Latpragas) FPU 3 MINUSCA (United Nation Mission Integrated Multidimensional Stabilization in Central African Republic). 

Salah satu di antaranya pasukan terpilih tersebut adalah Briptu Yusron Ilyasin, satu-satunya personel dari Divisi Humas Polri yang terpilih untuk bergabung dengan FPU 3 MINUSCA.

Lulus dari Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Brimob Polri Watukosek, Pasuruan, Jawa Timur pada 2013 silam, pria 29 tahun ini mendapatkan penugasan pertama di Satbrimob Polda Papua.

Sederet prestasi dalam penugasan di wilayah konflik pun berhasil ditorehkan. Briptu Yusron pernah bergabung menjalankan misi menjaga keamanan di Tanah Papua dari gangguan Kelompok Kriminal Teroris Bersejata (KKTB). 

Briptu Yusron Ilyasin pernah menjalankan misi di wilayah konflik, Kabupaten Mimika, Papua. Pada tahun 2014, ia bergabung dengan Satgas Amole dan pada tahun 2017 ia didapuk untuk mengawaki Satgas Operasi Terpadu. Berkat keberhasilan dalam penugasan tersebut, Briptu Yusron Ilyasin dianugerahi pin perunggu dari Kapolri.   

Lalu pada tahun 2018, pria asal Madiun ini kembali ditugaskan di wilayah hukum Polres Yahukimo dalam pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Tak sampai disitu saja, Briptu Yusron Ilyasin kembali dipercaya untuk bergabung dengan Satgas Operasi Nemangkawi pada tahun 2019 sampai 2020. 

Kini, Briptu Yusron Ilyasin pun terpilih menjadi salah satu delegasi dari Indonesia dalam FPU 3 MINUSCA untuk menjaga kedamaian dunia dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. (MC/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini