Berkat TMMD Kodim 0204/DS, Warga Desa Mabar Kini Bisa Menatap Masa Depan Lebih Cerah

Media Apakabar.com
Sabtu, 10 Juli 2021 - 14:42
kali dibaca

Mediaapakabar.com
- Warga Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang kini bisa menatap masa depan yang lebih cerah. Desa mereka yang dulunya terpelosok dan tertinggal kini bisa berbenah setelah para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/DS masuk dan melakukan perubahan besar wajah Desa Mabar.

Jalan desa yang dulunya hanya jalan tanah dan licin saat ditimpa hujan, kini kondisinya sudah sangat memadai dengan konstruksi cor semen.

Tak hanya itu, melalui TMMD Kodim 0204/DS, mereka kini juga telah memiliki jalan alternatif. Meski bukan jalan cor, namun kondisinya sangat layak karena proses pemadatan dan pelapisan dengan pasir dan batu. Sehingga walaupun diguyur hujan deras, jalan sepanjang 3.839 meter itu tidak licin dan berlumpur.

Jalan-jalan tersebut dilengkapi dengan jembatan, untuk menjaga agar usianya bisa tahan lebih lama. Untuk parit-parit kecil yang memotong badan jalan juga dipasang dengan box cluvert (gorong-gorong), sehingga air dapat mengalir lancar dan tidak menggenangi badan jalan.

Tak hanya infrastruktur yang diperbaiki dan ditambah. Rumah ibadah dan enam rumah warga yang dulu kondisinya sangat memprihatinkan, kini juga sudah jauh lebih baik. 

"Kami sangat merasakan manfaat pelaksanaan TMMD ini di desa kami. Untuk itu, kami tidak boleh berpangku tangan dan wajib membantu personel Satgas agar proses pengerjaan jalan dengan konstruksi rigid beton cepat selesai," ujar Herman Saragih, Sabtu (10/7/2021).

Perubahan besar-besaran wajah desa itu seakan mimpi bagi Herman dan warga lainnya. 

Pasalnya, pengerjaan semua infrastruktur, rumah ibadah dan rumah warga itu dikerjakan hanya dalam tempo sebulan. 

"Seperti mimpi rasanya melihat peruahan desa yang begitu drastis. Kemarin kami masih ingat, bagaimana susahnya melintasi jalan saat hujan deras. Licin dan berlumpur. Harus ekstra keras agar kendaraan bisa melintas. Salah-salah bisa terpeleset. Apalagi kalau lagi membawa sawit hasil panen menggunakan sepedamotor, luar biasa susahnya," ujar Herman.

Untuk itu, atas nama warga, ia mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Satgas TMMD yang telah bekerja keras membangun desa mereka. "Terima kasih kepada bapak-bapak tentara yang sudah bekerja begitu keras untuk membangun desa kami. Tanpa TMMD, entah kapan desa kami ini bisa berubah," ujarnya. (Sumber: Kodim 0204/DS)

Share:
Komentar

Berita Terkini