Zona Merah Bertambah Jadi 17 Daerah, Terbanyak Sumatera

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Ilustrasi. Zona merah covid-19 bertambah menjadi 17 daerah. (Istimewa)

Mediaapakabar.com - Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada 6 Juni 2021 menunjukkan total 17 kabupaten/kota masuk zona merah atau risiko tinggi penularan covid-19. Jumlah daerah yang masuk zona merah pada pekan ini bertambah dibanding data pekan lalu yang hanya mencatat 13 wilayah yang dikategorikan zona merah.

Adapun 17 kabupaten/kota yang tercatat masuk zona merah sepekan terakhir, dua di antaranya dari provinsi Jawa Tengah yakni Kabupaten Kudus dan Kabupaten Tegal. Lalu dua lainnya dari Provinsi Jawa Barat, yakni Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Bandung Barat.


Nusa Tenggara Barat juga mencatat zona merah pekan ini yang terjadi di Kabupaten Bima. Selanjutnya, 12 kabupaten/kota zona merah ditemukan di Pulau Sumatera.


Empat zona merah lainnya datang dari Provinsi Sumatera Barat, yakni Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Kemudian, dua daerah lainnya berasal dari Provinsi Riau, yakni Kabupaten Siak dan Kabupaten Kuantan Singingi.


Selanjutnya dua wilayah dari Provinsi Kepulauan Riau, yakni Kabupaten Karimun dan Kota Batam.


Tersisa empat daerah lain zona merah, masing-masing satu daerah diantaranya berasal dari Kota Banda Aceh, Aceh; Kabupaten Tebo, Jambi; Kota Medan, Sumatera Utara; dan Kota Palembang, Sumatera Selatan.


Lebih lanjut, penambahan zonasi juga terjadi di zona oranye atau wilayah dengan resiko sedang penularan Covid-19.


Dari pekan lalu tercatat sebanyak 322 wilayah zona oranye, sementara pekan ini bertambah menjadi 331 kabupaten/kota zona oranye. Seluruh wilayah di DKI Jakarta masuk dalam zona oranye pekan ini.


Sedangkan untuk zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan Covid-19 berkurang menjadi 158 wilayah, dari pekan lalu yang mencatat 171 kabupaten/kota masuk dalam zona kuning.


Sementara itu, tujuh kabupaten/kota masuk dalam kategori zona hijau atau tidak ada kasus. Satgas Covid-19 juga mencatat satu wilayah yang tidak terdampak virus corona hingga saat ini adalah kabupaten Dogiyai di Papua.


Adapun data harian yang dirilis Satuan Tugas Penanganan Covid-19 per Senin (7/6) mencatat terdapat penambahan kasus covid-19 baru sebanyak 6.993 orang. Sementara untuk kasus sembuh terdapat penambahan sebanyak 5.594 kasus, dan kasus meninggal 191 kasus baru.


Sehingga secara kumulatif, sebanyak 1.863.031 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu sebanyak 1.711.565 orang dinyatakan pulih, 99.663 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 51.803 lainnya meninggal dunia. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini