Tanpa Masker dan Jaga Jarak, Ribuan Wisudawan di Wuhan Rayakan Kelulusan

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Ribuan mahasiswa di Wuhan berkumpul bersama pada Minggu, 13 Juni 2021 untuk melakukan prosesi wisuda massal, setelah setahun kota tersebut diadang pandemi COVID-19.

Mediaapakabar.com
Ribuan mahasiswa di Wuhan berkumpul bersama pada Minggu, 13 Juni 2021 untuk melakukan prosesi wisuda massal, setelah setahun kota tersebut diadang pandemi COVID-19.

Dikutip dari AFP dari halaman kumparan, Selasa 15 Juni 2021, tampak sebuah spanduk besar berwarna merah bertuliskan “Menyambut wisudawan tahun 2020. Semoga masa depan Anda semakin cerah.”


Para wisudawan dibalut dengan jubah wisuda berwarna biru tua dan topi toga, tanpa mengenakan masker dan juga tanpa melakukan jarak sosial antar sesama.


Lebih dari 2.200 wisudawan yang hadir pada prosesi tersebut adalah mereka yang berhalangan hadir pada wisuda mereka tahun lalu, yang disebabkan oleh pembatasan kegiatan secara ketat.


COVID-19 pertama kali terdeteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada akhir tahun 2019 lalu. Dengan merebaknya virus corona baru tersebut, kota berpenduduk 11 juta warga itu memasuki lockdown yang sangat ketat.


Pembatasan tersebut akhirnya dilonggarkan pada April 2020 setelah 76 hari melakukan penutupan total.


Wuhan University pada Juni 2020 menyelenggarakan wisuda secara hybrid, dengan sebagian besar wisudawan hadir lewat layanan video conference. Mereka yang hadir di lokasi wisuda, yakni wisudawan dan tenaga pengajar, diwajibkan menggunakan masker.


China sejauh ini sudah cukup berhasil menahan laju penyebaran COVID-19 di negaranya dengan terus memberlakukan serangkaian kebijakan, seperti kebijakan perbatasan negara dengan ketat, melaksanakan karantina, dan pembatasan perjalanan dalam negeri.


Negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa ini melaporkan 20 kasus baru pada Selasa (15/6/2021), termasuk 18 kasus impor dan 2 kasus transmisi lokal di Provinsi Guangdong. (KC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini