SBY Singgung Pengangguran-Kemiskinan Drop di Era Kepemimpinannya

REDAKSI
Sabtu, 12 Juni 2021 - 16:23
kali dibaca
Ket Foto : Susilo Bambang Yudhoyono. (detikcom) 

Mediaapakabar.com
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bercerita soal disertasi yang disebutnya terwujud setelah dia memimpin bangsa. SBY menyebut kemiskinan drop di era kepemimpinannya.

Hal ini disampaikan SBY dalam Sidang Promosi Doktor IPB University Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) yang disiarkan di YouTube seperti dikutip dari detikcom, Sabtu (11/6/2021). SBY pertama bersyukur pernah berkuliah di IPB dan Ibas mengikuti jejaknya.


"Saya jadi ingat 17 tahun yang lalu, tahun 2004, juga mengikuti sidang terbuka seperti ini. Saya masih ingat disertasi yang saya tulis, saya persiapkan adalah judulnya, atau temanya, 'Upaya Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Mengurangi Kemiskinan dan Pengangguran dengan Menggalakkan Pembangunan Pertanian Pedesaan dan Infrastruktur dari Sisi Ekonomi Politik Kebijakan Fiskal'. Itu dulu yang saya sampaikan," kata SBY.


SBY bersyukur setelah kurang lebih 3 bulan usai ujian terbuka tersebut, dia dipilih rakyat menjadi presiden. Menurut SBY, kandungan disertasinya terwujud selama 10 tahun kepemimpinannya.


"Yang ingin saya ceritakan adalah kandungan dari disertasi saya itu akhirnya selama 10 tahun menjadi elemen utama dari kebijakan ekonomi Indonesia. Semua tahu kebijakan ekonomi yang saya jalankan adalah, yaitu kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi yang pro pertumbuhan, yang pro pengurangan pengangguran, yang pro pengurangan kemiskinan dan tentunya pro pemeliharaan lingkungan," kata SBY.


Menurut SBY, kebijakan tersebut berhasil. Menurutnya, pengangguran hingga kemiskinan drop.


"Dan alhamdulillah sejarah membuktikan kalau dulu setelah selesai memimpin pengangguran kita drop, kemiskinan kita drop secara signifikan dan pertumbuhan meningkat dengan baik," ujarnya. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini