Puskesmas Ujung Padang dan Puskesmas Sayur Matinggi Gelar Vaksinasi Massal

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Puskesmas Ujung Padang dan Puskesmas Sayur Matinggi Gelar Vaksinasi Massal.

Mediaapakabar.com
Puskesmas Ujung Padang dan Puskesmas Sayur Matinggi Kecamatan Ujung Padang Dinas Kesehatan Pemkab Simalungun melaksanakan kegiatan vaksinasi COVID-19, pada Rabu 09 Juni 2021 bertempat di halaman tengah dan halaman belakang Puskesmas Ujung Padang, Rabu (09/06/2021).

Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadi penyebaran COVID-19. Kegiatan vaksinasi massal tersebut diberikan kepada 1.000 lansia dan pelayanan publik di 19 Nagori dan 1 Kelurahan di Wilayah Kecamatan Ujung Padang.


Kapuskesmas Ujung Padang dr. Henry Jimmy Gultom didampingi Kapuskesmas Sayur Matinggi dr. Rita Irawani Br Simarmata mengatakan selain vaksinasi, strategi dalam menghadapi COVID-19 adalah dengan tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan (prokes) di dalam kehidupan sehari-hari.


"Kegiatan vaksinasi massal tersebut, disambut dengan antusias oleh masyarakat lansia dan pelayanan publik di Kecamatan Ujung Padang. Dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi COVID-19 massal terhadap 1.000 lansia dan pelayanan publik tetap dilaksanakan dengan tetap mematuhi prokes," ujarnya kepada mediapakabar.com dalam keterangan tertulisnya, Rabu 09 Juni 2021.


Menurutnya, vaksinasi covid-19 merupakan bagian dari kewajiban seluruh warga negara Indonesia untuk mewujudkan kesehatan masyarakat yang merujuk pada pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan, serta telah diatur melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomot 99 tahun 2020 tentang pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi COVID-19.


Dikatakan Jimmy, Puskesmas Ujung Padang dan Puskesmas Sayur Matinggi Dinas Kesehatan Pemkab Simalungun terus berkomitmen untuk mendukung program Pemerintah dalam mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada lansia dan pelayanan publik secara masif.


"Dan juga dilaksanakan secara mobile dari satu Nagori ke Nagori yang lain perhari, guna mempercepat dan memperluas cakupan target penerima vaksin COVID-19, sehingga tercapainya tujuan menguatkan respons imun kelompok masyarakat Kecamatan Ujung Padang yang terbentuk sebagai pemicu kekebalan," pungkasnya.


Dalam kegiatan vaksinasi massal tersebut dihadiri Sekretaris BPBD Kabupaten Simalungun Manaor Silalahi, Kabid P2P Dinkes Simalungun dr. Henny Pane, Danramil Koramil Bosar Maligas Kodim Simalungun Kapten. Inf. Suwito, Sekcam Ujung Padang Manaon Siregar.

 

Kemudian, Babinsa Koramil Bosar Maligas Kodim Simalungun Serma Temu beserta Serma Sumardi dan Bhabinkamtibmas Polsek Bosar Maligas Polres Simalungun Bripka Surya Atmaja. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini