Pembunuh Pria yang Mayatnya Dibuang di Jalan Kualanamu Ditangkap Polisi

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Wajah terduga pembunuh Kalinus Zai yang sempat terekam kamera CCTV toko elektronik di tempat korban bekerja. (Istimewa)

Mediaapakabar.com
Dua terduga pelaku pembunuhan terhadap Kalinus Zai (40) yang jenazahnya dilempar dari dalam mobil di Jalan Arteri Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) pada Sabtu (26/6/2021) dikabarkan telah ditangkap.

Informasi dihimpun, keduanya diamankan kurang dari 1 x 24 jam oleh personel gabungan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumut dan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Deli Serdang.


Hal ini dibenarkan Kapolresta Deliserdang, Kombes Pol Yemi Mandagi, ketika dikonfirmasi, Minggu (27/6/2021). "Benar (sudah ditangkap)," katanya. 


Yemi belum menjelaskan identitas pelaku. Dia juga belum menjelaskan motif dari pembunuhan. "Rilis resmi menyusul," ucapnya.


Sebelumnya diberitakan, Kalinus ditemukan tewas dengan bersimbah dari di jalanan menuju Kualanamu, Deli Serdang. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (26/6/2021) sekitar pada pukul 13.15 WIB di Jalan Alteri Bandara Kualanamu.


Kasatreskrim Polresta Deli Sedang Kompol Muhammad Firdaus menjelaskan pada pukul 11.30 WIB, datang dua orang diduga pelaku menggunakan mobil Avanza ke toko tempat korban bekerja di Desa Bandar Khalifah, Kecamatan Percut Sei Tuan. Keduanya membeli 1 unit mesin cuci dan 1 unit AC.


[cut]


Ket Foto : Jenazahnya korban dilempar dari dalam mobil di Jalan Arteri Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) pada Sabtu (26/6/2021).

Lalu, saat hendak membayar mereka beralasan tidak membawa uang. Mereka kemudian mengaku bakal membayar barang tersebut di rumah.


"Saat melakukan pembayaran pelaku tidak bawa uang dengan alasan nanti akan diberikan uangnya saat di rumah pelaku. Kemudian korban sempat minta izin kepada pemilik toko supaya ikut pelaku untuk ambil uang pembayaran 1 unit mesin cuci dan 1 unit AC di rumah pelaku," ujar Firdaus, Sabtu (26/6/2021).


Sebelum korban naik mobil, dia sempat mengatakan kepada dua anaknya untuk mengikuti dirinya dari belakang mobil. Kedua anaknya pun, lantas mengikuti mobil tersebut menggunakan sepeda motor.


Pelaku sempat membawa korban tidak jelas arahnya dan saat tiba di Jalan Sultan Serdang / Jalan Alteri Bandara Internasional Kualanamu mobil melaju kencang dan tidak terlihat oleh saksi-saksi (dua anaknya).


"Tidak lama kemudian dua anaknya menemukan korban di Jalan Sultan Serdang/ Jalan Alteri Internasional Kualanamu, Desa Sena dalam keadaan tergeletak di tengah jalan. Saat itu sudah ada saksi lainnya (seorang security) yang menemukan korban pertama sekali. Dia lalu melaporkan ke Polsek Batang Kuis," ujar Firdaus.


Menurut keterangan security tersebut, saat pertama kali dilihat, korban masih bersuara. Tak lama, datang dua anak korban.


Pada pukul 14.21 WIB, petugas yang mendapat informasi menuju ke lokasi. Sesampai di TKP petugas melihat korban sudah diamankan di pinggir jalan. Petugas melakukan identifikasi dan olah TKP. Di tubuh korban terlihat ada sejumlah luka-luka.


Kemudian, korban dibawa ke RS Bhayangkara Medan dilakukan autopsi. Petugas saat ini sedang melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi. Diduga, korban merupakan korban pencurian dengan kekerasan. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini