Ngerih, 11 Pejabat BPN Ternyata Terlibat 'Mafia Tanah'

REDAKSI
Selasa, 08 Juni 2021 - 12:37
kali dibaca

Ket Foto : Ilustrasi. (Istimewa)


Mediaapakabar.com
Menteri ATR/BPN, Sofyan A. Djalil menyebut, ada 11 pejabat BPN yang terlibat dalam kasus mafia tanah. Satu diantaranya adalah Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Jakarta Timur. Hal ini sungguh memalukan di tengah upaya BPN membenahi masalah pertanahan nasional.

Dia menjelaskan kronologis kasus tersebut. "Soal mafia tanah yang terjadi di Jakarta Timur, ada terjadi Kakanwil Jakarta membatalkan SK tentang tanah di Jakarta Timur dan melanggar ketentuan administrasi. Perkaranya masih di pengadilan. Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung tetap menahan, tapi SK sudah dibatalkan. Itu kesalahan pertama," tuturnya dilansir dari okezone.com, Selasa 08 Juni 2021.


Para pejabat yang terlibat telah menerima hukuman administrasi dari internal. Kakanwil Jakarta Timur sudah dihukum dipindahkan dari Jakarta Timur ke Halmahera Utara atau Halmahera Selatan. Kemudian ada 10 lagi orang BPN yang ikut terlibat diberikan hukuman administrasi


Sofyan Djalil mengatakan, pihaknya akan tetap konsen dalam memerangi mafia tanah. Oleh karena itu, dirinya pun berharap para Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa ikut membantu upaya pemerintah itu dengan memberikan kinerja yang lebih baik. (OC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini