Kim Jong-un Tampil Lebih Kurus, Kesehatan Dipertanyakan

REDAKSI
Kamis, 10 Juni 2021 - 10:54
kali dibaca
Ket Foto : Kesehatan Kim Jong-un menjadi sorotan setelah pemimpin tertinggi Korut itu terlihat jauh lebih kurus saat tampil dihadapan publik beberapa waktu belakangan. (Reuters/KCNA)

Mediaapakabar.com
Kesehatan Kim Jong-un kembali menjadi sorotan setelah pemimpin tertinggi Korea Utara itu terlihat jauh lebih kurus saat tampil dihadapan publik beberapa waktu belakangan.

Kondisi Kim menjadi perhatian setelah seorang koresponden dari NK News, Colin Zwirko, mengunggah video tayangan KCTV ketika sang pemimpin berjalan di satu koridor menuju ruang rapat.


Dalam video yang diunggah di Twitter itu, Kim tampak jauh lebih kurus. Baju safari hitamnya terlihat longgar, tak seperti biasanya.


Seorang analis nuklir dari MIT, Vipin Narang, langsung membalas kicauan itu dengan menuliskan, "Apakah ini hanya efek sudut pandang kamera atau berat badan Kim memang turun jauh?"


NK News lantas menyoroti jam tangan Kim yang terlihat dikaitkan lebih kencang, mengindikasikan lengan sang pemimpin mengecil. Sisa tali jam tangan itu memang terlihat lebih panjang dari sebelumnya.


Selama ini, badan-badan intelijen selalu memperhatikan berat badan Kim yang dapat berkaitan dengan kemampuannya untuk memimpin Korut, apalagi keluarga sang pemimpin punya riwayat penyakit jantung.


"Badan-badan intelijen asing ingin tahu apakah Kim Jong-un cukup sehat untuk tetap memimpin dalam waktu lama," ujar Zwirko, seperti dikutip The Straits Times.


"Apa yang terjadi di balik layar jika ia tidak cukup sehat? Bagaimana dampaknya terhadap keamanan di kawasan mengingat Korea Utara memiliki senjata nuklir."


Berdasarkan laporan badan intelijen Korea Selatan, berat badan Kim sempat mencapai 140 kilogram pada November 2020, naik 50 kg dari ia pertama kali mengambil alih kepemimpinan pada 2011.


Kondisi Kim semakin jadi perhatian setelah sang pemimpin tertinggi sempat tak tampil di hadapan publik selama 20 hari. Ia bahkan tak menghadiri peringatan ulang tahun kakeknya yang merupakan pendiri Korut, Kim Il-sung.


Daily NK melaporkan bahwa Kim menjalani operasi jantung. Ketika Kim akhirnya tampil di hadapan publik, NK News menyoroti noda di tangan Kim yang memperkuat indikasi Kim menjalani operasi. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini