KH Nawawi Wafat, Wakil Ketua MPR: Beliau Memiliki Karomah Tinggi

REDAKSI
Minggu, 13 Juni 2021 - 23:58
kali dibaca
Ket Foto : Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid dan KH Nawawi saat berdoa bersama. (VIVA) 

Mediaapakabar.com
Bangsa Indonesia Kembali kehilangan sosok ulama panutan. Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, KH A Nawawi Abdul Djalil, wafat atau meninggal dunia pada Minggu, 13 Juni 2021, pukul 14.40 WIB. 

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ini menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Lavalette Malang, Jawa Timur setelah mendapatkan perawatan selama 4 hari.


Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid menyampaikan duka yang mendalam atas wafatnya Al Mukarrom Kyai Haji Nawawi Abdul Djalil, pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan. 


"Beliau seorang ulama yang sangat cinta kepada bangsanya. Kebangsaannya luar biasa dan itu terbukti sejak Sidogiri berdiri menjadi salah satu tempat perjuangan santri. Ketika awal-awal kemerdekaan dan hingga hari ini juga konsisten dengan pendidikan yang salaf, tetapi memiliki kekuatan luar biasa,” ujar Gus Jazil–sapaan akrab Jazilul Fawaid dilansir VIVA, Minggu, 13 Juni 2021.


Gus Jazil mengaku memiliki kesan secara pribadi dengan almarhum. ”Secara pribadi saya memiliki kenang-kenangan khusus, terutama dari kesederhanaannya. Beliau orang yang sangat sederhana, tapi memiliki karomah yang tinggi. Saya pernah juga menerima ijazah doa dari beliau,” katanya. 


Ia berharap para santri pesantren Sidogiri dan semua keluarga besar Pesantren Sidogiri untuk tetap tabah dan melanjutkan amal perjuangan almarhum. 


“Beliau selama ini ingin menciptakan kader-kader ulama santri yang terbukti berbakti kepada bangsa dan negara tanpa pamrih dengan kekuatan salafi. Itu pesantren lama yang saya tahu mandiri, tidak pernah tergantung dengan bantuan pemerintahan atau apapun, sangat mandiri. Itu patut dicontoh,” katanya. 


Menurut Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, Kiai Nawawi memiliki kegigihan yang luar biasa. Di zaman yang seperti ini, sosok beliau sangat langka dan harus dijadikan sebagai figure panutan. 


”Figur Kiai Nawawi sangat pantas untuk kita teruskan perjuangannya, dari sisi kesederhanaannya, semangat juang dan ketulusan dalam perjuangannya,” katanya. 


KH Nawawi Sidogiri dikenal sebagai kiai sepuh yang dihormati di lingkungan Nahdlatul Ulama. Dalam Muktamar ke-33 NU di Jombang, Kiai Nawawi duduk sebagai anggota Ahlul Halli Wal-Aqdi (AHWA) yang bermufakat untuk menentukan kepemimpinan didalam organisasi Islam berdiri 1926 ini. (VC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini