Kembali Menebar Teror, Teroris KKB Bakar Tower dan Fasilitas Bandara Ilaga Papua

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Ilustrasi. Sejumlah orang dijuluki sebagai kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. (Antara)

Mediaapakabar.com
Teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali menebar teror. Kali ini, KKB membakar sejumlah fasilitas Bandara Aminggaru, di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Pembakaran dilakukan pada Kamis petang kemarin, 3 Juni 2021.

“KKB ini bakar satu tower bandara, ruang tunggu bandara, tiga perumahan perhubungan udara dan satu rumah warga hangus,” kata Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, dalam pesan singkatnya, dilansir dari VIVA, Jumat, 4 Juni 2021.


Fakhiri mengatakan saat kejadian, aparat keamanan yang berada di Ilaga melihat kepulan asap tebal dari arah Bandara Aminggaru. Aparat pun bergegas langsung ke lokasi.


Selanjutnya, aparat melakukan pemantauan dengan menggunakan drone. Dari pantauan itu, diketahui beberapa fasilitas bandara dalam keadaan terbakar.


Kemudian, aparat keamanan gabungan yang dipimpin Kapolres Puncak, langsung menuju ke lokasi kejadian.


"Pada saat itu, sempat terjadi kontak tembak antara personel gabungan dengan KKB sebelum tiba di bandara," jelas Fakhiri. 


Kontak senjata terjadi sekitar selama satu jam. Pun, aparat saat itu memilih mundur karena situasi mulai gelap.


Menurut Fakiri, pagi ini, aparat keamanan akan kembali ke Bandara Aminggaru. Ada perkiraan KKB masih berada di lokasi tersebut.


"Tidak menutup kemungkinan akan kembali terjadi kontak senjata, yang pasti kami tidak akan mundur," ujarnya.


Sebelumnya, teroris KKB menembak mati seorang warga yang bekerja sebagai buruh bangunan. Usai menembak, kelompok tersebut meneruskan aksinya dengan merusak dan membakar fasilitas Bandara Aminggaru, distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. (VC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini