Ini 4 Tips Sukses Peraih SBMPTN Nilai Sempurna yang Lolos Masuk UGM

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Muhammad Itqon Alexander. (dok. Muhamma

Mediaapakabar.com
Muhammad Itqon Alexander sudah lama ingin masuk jurusan Teknik Fisika. Karena itu, siswa MAN Insan Cendekia (IC) Pekalongan, Jawa Tengah ini dari awal SMA sudah giat belajar, terutama di mata pelajaran matematika dan fisika.

Di UTBK SBMPTN 2021, Alex meraih nilai UTBK SBMPTN sempurna di mata pelajaran Kimia pada TKA saintek. Didukung nilai TKA Saintek Matematika 588,51, Fisika 738,88, dan Biologi 608,97, Alex diterima di prodi Teknik Fisika Universitas Gadjah Mada (UGM).


"Saya enggak menyangka dapat nilai sempurna di kimia," kata Alex dilansir dari detikcom, Rabu (23/6/2021).


Di sisi lain, Alex menuturkan, dirinya mantap meneruskan perkuliahan di jurusan Teknik Fisika UGM. ia mengatakan, sejak awal SMA ia melihat kecenderungan minatnya memang mengarah ke mata pelajaran fisika, dan nilainya cukup baik di mata pelajaran matematika dan fisika.


Anak pasangan Mohammad Ichwan DS dan Misbahatul Hidayati ini mengatakan, dukungan keluarganya yang berkuliah di fakultas teknik dengan jurusan Teknik Fisika UGM ini turut mempengaruhinya.


Ia menambahkan, mendalami tentang energi terbarukan di perkuliahan nanti membuatnya semakin tertarik masuk jurusan teknik fisika.


"Saya juga berpikir, saat ini perkembangan teknologi digital berkembang, dan akan berhubungan dengan energi. Dengan adanya perkembangan energi listrik, akan kian diperlukan energi terbarukan. Nah, ini akan dipelajari di teknik fisika, berkaitan dengan dengan energi," kata Alex.


Alex bercerita, untuk menyiapkan dirinya masuk jurusan tujuan, ia berupaya belajar fisika, biologi, matematika, dan kimia sejak kelas 10. Khusus UTBK, ia menyiapkan diri sejak Desember 2020.


"Sejak kelas 10, saya fokus belajar matematika dan fisika. Sering baca buku fisika kelas 10 yang lebih lengkap, dari penerbit yang berbeda-beda. Setelah itu lebih jelas (ingin masuk teknik fisika) di kelas 12, makin yakin dengan lihat referensi," jelas lulusan MAN IC Pekalongan kelahiran 2003 ini.


Alex menuturkan, ada beberapa tips yang bisa ditempuh untuk menyiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN. Jika belum belajar matang sejak kelas 10 pun, Alex punya tips untuk mengejar belajar agar siap meghadapi berbagai seleksi masuk perguruan tinggi dan jurusan favorit kamu.


Berikut tips sukses SBMPTN ala peraih nilai UTBK SBMPTN sempurna Kimia dari Alex :


1. Pahami Konsep sampai Matang


Alex menuturkan, kuasai materi dahulu sebelum terlalu fokus latihan soal. Ia mengatakan, dengan mematangkan pemahaman konsep di kepala, ia bisa menggunakan konsep yang sudah dipelajari saat mengerjakan latihan soal.

"Jadi tidak perlu bolak-balik buka buku saat kerjain soal," kata Alex.


Alex menuturkan, dirinya tidak mengikuti bimbingan belajar online maupun luring. Karena itu, untuk UTBK, Alex belajar dari buku latihan soal UTBK. "Satu buku mata pelajaran, satu buku latihan soal," kata Alex.


2. Berlatih Soal dan Ulang Baca Pembahasan


Alex menuturkan, ia tidak menyangka bisa mendapat nilai UTBK SBMPTN sempurna di mata pelajaran Kimia. Di sisi lain, Alex melihat, soal UTBK Kimia tahun ini tergolong tidak sesulit latihan soal yang ia kerjakan.


Ia menambahkan, dirinya juga berlatih dari paket-paket soal yang diberikan MAN IC Pekalongan setiap minggu. "Keuntungannya, karena pandemi, pembahasannya di-upload online di YouTube (sekolah). Jadi saya bisa berulang kali nonton di YouTube," kata Alex.


3. Atur Waktu dan Ingat Motivasi


Ia mengatakan, karena pandemi, ia lebih banyak belajar sendiri. Setelah sekolah online pukul 07.00-12.00 WIB, ia mengerjakan latihan soal dari sekolah dan membaca buku. Malamnya, Alex kembali mengerjakan latihan soal dan membaca pembahasannya. "Kadang tanya teman kalau ada yang kesulitan," kata Alex.


Alex mengaku, jika malas 'datang', ia istirahat sebentar lalu belajar kembali. Menurutnya, dukungan guru yang terus mengingatkan lewat grup chat buat belajar dan berjuang masuk universitas paling memotivasinya untuk kembali belajar.


"Kadang saya ingat tujuan saya untuk kuliah, ingat bahwa saya punya tanggung jawab untuk kuliah, banggakan ortu dan guru-guru," tuturnya.


4. Waktu Mepet? Catat Rangkuman


Alex menuturkan, untuk belajar dalam waktu singkat, tetap mulai belajar dengan membaca buku dan membuat rangkuman materi. Di samping itu, catat juga rumus dan materi intinya. Menurutnya, menulis tangan membantu memori kita lebih mudah ingat dan memahami pelajaran ketimbang hanya membaca buku.


Ia menambahkan, memahami konsep materi dari awal membantu kita mengerjakan berbagai soal UTBK SBMPTN yang berbeda bentuk dan pengembangan, kendati berasal dari satu konsep yang sama.


"Kalau kerjain latihan soal aja, kita jadi kurang pahami konsepnya. Setelah kerjain latihan soal, lalu ada bentuk soal lain, kita bisa jadi kebingungan. Nah kalau kita sudah paham konsep dari awal, bila bertemu pembahasan jawaban yang tidak terlalu komplet pun sudah mencukupi. Sebab, meskipun dijelaskan sedikit, (bisa) ingat lagi konsepnya," jelas Alex. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini