Indonesia Business Council for Sustainable Development Gelar Pelatihan Bagi Jurnalis

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Indonesia Business Council for Sustainable Development Gelar Pelatihan Keberlanjutan Bagi Jurnalis. (Istimewa)

Mediaapakabar.com
Melihat pentingnya peran media dalam menggiring opini publik dan perlunya meningkatkan pemahaman media akan isu-isu sustainability yang selama ini banyak dimaknai sebagai isu-isu lingkungan semata.

Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD), sebuah asosiasi perusahaan yang fokus pada isu-isu keberlanjutan, mengadakan pelatihan keberlanjutan bagi jurnalis.


Hal ini berguna meningkatkan pemahaman media akan konsep sustainability sehingga dapat menciptakan iklim informasi yang berkelanjutan pada Jumat, 04 Juni 2021 di Hotel Four Points, Jakarta Pusat.


Adapun pembicara dalam kegiatan Ini yaitu, Presiden IBCSD Shinta Kamdani, Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup  Bambang Hendroyono, Executive Director of IBCSD, serta beberapa narasumber lain seperti Bayu Wardhana dari Asosiasi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia.


IBCSD sebagai asosiasi bisnis yang dipimpin oleh CEO dari perusahaan-perusahaan yang mempunyai komitmen untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia.


[cut]


Ket Foto : Indonesia Business Council for Sustainable Development Gelar Pelatihan Keberlanjutan Bagi Jurnalis. (Istimewa)

Oleh karena itu, Menurut Katrina Inandia selaku Manajer Comunication IBCSD, secara umum kegiatan ini bertujuan Untuk  mendorong peningkatan kapasitas jurnalis nasional Indonesia dalam mengemas berita praktek-praktek keberlanjutan yang dilakukan oleh sektor bisnis.


"Secara khusus, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan jurnalis peserta pelatihan terkait isu-isu keberlanjutan, serta meningkatkan kemampuan untuk berpikir kritis dalam mengemas berita terkait isu-isu keberlanjutan dari berbagai sumber, utamanya laporan keberlanjutan atau sustainability report perusahaan," ujarnya di Jakarta, Jumat, (4/6/2021).


Tidak hanya itu, kegiatan ini juga  Diharapkan mampu Menciptakan komunitas jurnalis yang berbagi semangat, harapan dan mendukung program-program keberlanjutan yang dilakukan oleh sektor bisnis demi membantu mencapai target-target yang ada, baik dari perusahaan itu sendiri maupun dari pemerintah.


"Membangun jejaring dan potensi kolaborasi yang lebih kuat dari berbagai pihak, terutama antara media dan sektor bisnis, demi menciptakan iklim keberlanjutan di segala aspek," tambahnya.


Peserta pelatihan adalah 20 jurnalis terpilih yang sebelumnya telah mendaftarkan diri dan menjalani proses seleksi oleh IBCSD. Para jurnalis peserta dapat berasal dari media cetak, online, radio dan TV, yang berskala nasional. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini