Bupati Asahan Ikuti Rakor Virtual Evaluasi Perkembangan Pelaksanaan PPKM Mikro

REDAKSI
Selasa, 15 Juni 2021 - 12:22
kali dibaca

Ket Foto : Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Asahan, OPD terkait mengikuti rapat koordinasi secara virtual  dengan pemerintah pusat yang membahas tentang evaluasi penanganan COVID-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, bertempat di Ruang Utama Rumah Dinas Bupati Asahan, Senin (14/06/2021).



Mediaapakabar.com
Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Asahan, OPD terkait mengikuti rapat koordinasi secara virtual  dengan pemerintah pusat yang membahas tentang evaluasi penanganan Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, bertempat di Ruang Utama Rumah Dinas Bupati Asahan, Senin (14/06/2021).

Pada Rakor ini Menteri Koordinasi dan Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa kasus harian untuk covid-19 secara Nasional saat ini meningkat, bagi wilayah yang berzona merah diperlukan penambahan tempat tidur di setiap rumah sakit rujukan covid-19. Dan untuk pembelajaran dilakukan 100 persen secara daring.


"Untuk mensukseskan pelaksanaan PPKM Mikro diharapkan TNI-Polri bersinergi dengan  Kepala Daerah dalam pelaksanaannya," pesannya.


Sementara  Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, kepada Kepala Daerah dan unsur Forkopimda agar melakukan pengetatan pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat.

Selalu melakukan Rakor tentang langkah-langkah atau strategi penanganan pencegahan  covid-19. Dan  disetiap tingkatan wilayah atau daerah memiliki posko COVID-19.


"Terkait untuk pembelajaran kepada wilayah yang berzona hijau dan kuning, akan melakukan pembelajaran secara tatap muka, tetapi tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), membatasi jumlah kehadiran dan setiap sekolah harus memiliki Satgas Covid-19," terang Tito.


Selanjutnya Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan, bahwa peran Pemerintah dalam menekan angka COVID-19 cukup efektif misalnya dengan melakukan penyekatan.

Dan Kejaksaan mendukung penuh penanganan COVID-19 yang dilakukan oleh Pemerintah dan untuk selalu mengawasi serta memonitoring perkembangan COVID-19 di daerah masing-masing.


"Selalu dampingi Kepala Daerah dalam penanganan COVID-19, jalin komunikasi secara intensif antar Forkopimda, mendukung Kepala Daerah dalam menciptakan inovasi penanganan COVID-19 serta mengoptimalkan media sosial melakukan kampanye penerapan Prokes," tutup beliau.


Di kesempatan yang sama Kasatgas COVID-19, Letjen TNI Ganip Warsito menyampaikan  tindak lanjut pelaksanaan PPKM Mikro dan Posko Desa/Kelurahan kedepan yakni Sumber Daya Operasional Giat Penanganan COVID-19, dimana Pemda wajib mengintensifkan penyerapan dan penyaluran APBD untuk dana operasional penanganan COVID-19. Monitoring dan supervisi aktif Dari Pemda, mempelajari data di lapangan untuk formulasi aksi kontingensi dan pengendalian yang tepat.


Sementara itu Saat ditemui usai mengikuti rapat virtual, Bupati Asahan meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar bersatu dan bersinergi dalam mengatasi wabah virus COVID-19, apabila semuanya ikut andil menanggulangi, utamanya dalam mematuhi protokol Kesehatan (Prokes) maka upaya pemutusan mata rantai COVID-19 dapat berjalan maksimal.


"Seperti kita ketahui  saat ini sebaran COVID-19 di Kabupaten Asahan mengalami kenaikan yang cukup signifikan, sehingga pemerintah pusat meminta setiap Kepala Daerah supaya memaksimalkan penerapan PPKM mikro dan berkolaborasi dengan Forkopimda," ucap Bupati.


Menurut H. Surya, koordinasi dengan  lintas sektor sangat penting karena dalam meredam Penyebaran COVID-19 tidak bisa dilakukan sendirian melainkan membutuhkan peran dari seluruh elemen masyarakat. 


"Jika masyarakat abai terhadap Protokol Kesehatan  maka segala langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah  akan sia-sia. Maka dari itu, saya minta semua lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Asahan agar lebih meningkatkan  disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak saat melakukan rutinitas," terang H. Surya. (Hen)

Share:
Komentar

Berita Terkini