Bahaya Paparan Rokok Bagi Tumbuh Kembang Anak: Ganggu Kecerdasan Hingga Tingkah Laku

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca

Ket Foto : Ilustrasi Rokok. 

Mediaapakabar.com
Kalangan anak-anak dan remaja harus dilindungi dari rokok. Pasalnya, dampak kecanduan nikotin untuk mereka lebih kuat dibandingkan orang dewasa.

Spesialis penyakit dalam dari Universitas Gadjah Mada (UGM), dr Pandang Tedi Adriyanto MSc SpPD FINASIM, menjelaskan, salah satu kandungan kimia yang ada pada rokok adalah nikotin yang bisa menimbulkan kecanduan.


"Semakin dini mulai merokok, maka akan semakin sulit untuk berhenti. Selain itu, kecanduan rokok bisa menjadi pintu gerbang untuk mencoba narkoba jenis lainnya," kata dr Tedi, dilansir dari Antara, Selasa (1/6/2021).


Bukan cuma itu, semakin muda seseorang mulai merokok, semakin besar pula risiko kerusakan organ paru-paru dan organ lain seperti pembuluh darah dan jantung.


Dokter spesialis penyakit dalam di Primaya Hospital Sukabumi itu juga mengingatkan, bahaya paparan nikotin terhadap tumbuh kembang anak, yakni gangguan kecerdasan dan tingkah laku hingga gangguan konsentrasi karena ada kerusakan pada korteks serebri.


Orangtua harus menyadari kebiasaan merokok tak cuma berdampak buruk bagi diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain, termasuk buah hati mereka. Seorang anak bisa jadi perokok perokok pasif bila dikelilingi lingkungan orang-orang perokok, baik di rumah, sekolah atau tempat bermain.


"Bahkan anak dalam kandungan bisa disebut menjadi perokok pasif bila ibu yang mengandungnya merokok saat hamil," katanya.


Anak juga bisa jadi perokok tangan ketiga, yakni mereka yang menghirup racun dari asap rokok yang dihembuskan perokok, kemudian menempel dan mengkontaminasi benda-benda atau tubuh. (Ant/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini