449 Bintara Polda Sumut Resmi Dilantik, Kapoldasu: Jangan Sakiti Hati Rakyat

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara resmi melantik 449 Bintara TA 2020/2020 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Hinai, Kabupaten Langkat, Senin (28/6/2021).

Mediaapakabar.com
Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara resmi melantik 449 Bintara TA 2020/2020 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Hinai, Kabupaten Langkat, Senin (28/6/2021).

Pelantikan itu pun ditandai dengan upacara penutupan dan pengambilan sumpah personil Bintara yang dipimpin langsung Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.


Membacakan amanat Kapolri, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, mengatakan upacara yang diselenggarakan pada hari ini merupakan momentum penting, dalam menandai 

berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pendidikan pembentukan Bintara Polri tahun anggaran 2020/2021, yang diselenggarakan selama 7 bulan di Sepolwan Lemdiklat Polri dan di 31 SPN Polda.


"Pada kesempatan yang berbahagia ini, pimpinan Polri, mengucapkan selamat kepada para Bintara Remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pembentukan Bintara Polri tahun anggaran 2020/2021, yang pada hari ini secara resmi dilantik," katanya.


Menurutnya, dengan berakhirnya program pendidikan ini, maka Polri telah berhasil menambah personel golongan pangkat Bintara sebanyak 11.198 orang, terdiri atas 10.638 polisi laki laki dan 560 polisi wanita. 


[cut]


Ket Foto : Keolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara resmi melantik 449 Bintara TA 2020/2020 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Hinai, Kabupaten Langkat, Senin (28/6/2021).

Hal ini tentunya menjadi suatu kekuatan strategis untuk menunjang pelaksanaan tugas Polri agar lebih optimal. Melalui penambahan jumlah personel ini, diharapkan penyebaran pelayanan publik semakin luas, dan kehadiran polisi di tengah lingkungan sosial akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 


"Mulai hari ini, pada diri saudara-saudara sekalian telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta  tugas dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara yang dituntut untuk senantiasa harus mampu diaktualisasikan dalam setiap sikap, tutur kata dan perilaku hidup, baik dalam kedinasan maupun di luar," tutur Panca.


Kapolda juga mengingatkan bahwa perkembangan situasi di era penuh ketidakpastian serta kemunculan berbagai  jenis kejahatan berdimensi baru, menjadi tantangan tugas Polri ke depan khususnya dalam melaksanakan tugas pokok Polri dalam menegakkan hukum.


Oleh karena itu, institusi Polri harus didukung dengan sumber daya manusia yang handal dan memahami tugas serta perannya. Salah satu upaya  yang ditempuh dalam memenuhi kebutuhan SDM Polri yang handal, adalah melalui pelaksanaan pendidikan pembentukan Bintara Polri yang telah saudara saudara laksanakan.


"Saudara merupakan garda terdepan pelaksanaan tugas Polri di lapangan yang akan berinteraksi dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kehadiran saudara akan menjadi cerminan layanan Polri secara keseluruhan. 


"Saya berharap saudara mampu merubah wajah Polri menjadi Polri yang memenuhi harapan masyarakat, Polri yang memenuhi harapan rakyat dengan berorientasi kepada kepentingan masyarakat, berbasis pada hukum yang berkeadilan, menghormati hak asasi manusia serta mengawal proses demokrasi," harapnya sembari mengatakan jangan jual integritasmu, kita berasa dari rakyat dan kembali kepada rakyat, jangan sakiti hati rakyat. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini