Wali Kota Medan Ingin Pasar Tradisional Mulai Pakai Pembayaran Digital

REDAKSI
Selasa, 04 Mei 2021 - 22:59
kali dibaca
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM menerima kunjungan PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) di ruang khusus Wali Kota, Kantor Wali Kota Medan, Selasa (4/5/2021). Selain bersilaturahmi kunjungan ini juga untuk memperkenalkan aplikasi LinkAja ke Pemko Medan guna mempermudah transaksi pembayaran.

Mediaapakabar.com
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM menerima kunjungan PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) di ruang khusus Wali Kota, Kantor Wali Kota Medan, Selasa (4/5/2021). Selain bersilaturahmi kunjungan ini juga untuk memperkenalkan aplikasi LinkAja ke Pemko Medan guna mempermudah transaksi pembayaran.

Kepala Link Aja Area Sumut Chandra hadir bersama Kepala Pengembangan Medan Friska dan tokoh pedagang pasar tradisional Suwarno. Friska menjelaskan bahwa Perusahaan Financial Technology (Fintech) atau layanan keuangan elektro berbasis QR Code, LinkAja, mengunjungi Balai Kota guna mengajak Pemko Medan bekerja sama di bidang transaksi finansial. Artinya dengan menggunakan aplikasi LinkAja nantinya dapat membantu roda perekonomian di Kota Medan.


"Ditengah Pandemi Covid-19, membatasi kita bertransaksi langsung, untuk itu kami mengajak Pemko Medan untuk bekerja sama dengan LinkAja. selain semua laporan dapat transparansi, ini juga salah satu solusi untuk meningkatkan pendapatan, sebab ada cashback dan insentif," jelasnya.


Chandra mengungkapkan, LinkAja akan membantu Pemko Medan dalam Badan dalam mengelola pajak dan retribusi parkir. Untuk saat ini LinkAja sudah ada diterapkan di pasar-pasar di Kota Medan salah satunya pasar Petisah.


“Kami hadir untuk membantu dalam transaksi pembayaran mengenai pajak maupun retribusi lainnya. Nantinya akan terlihat transaksi yang telah dilakukan, sehingga capaian bisa dilihat. Untuk di pasar para pedagang akan lebih mudah dan mengetahui transaksinya," ujarnya.


Pada kesempatan tersebut, Suwarno menuturkan sebagian pedagang di Pasar Petisah telah mempergunakan transaksi pembayaran non-tunai LinkAja. Ia berharap kedepannya, LinkAja tak hanya diterapkan di Pasar Petisah, tetapi juga di 51 pasar tradisional lainnya di Medan. 


Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM didampingi Asisten Ekbang Khairul Syahnan, Kadis Kominfo Zain Noval SSTP MAP, Kadis BP2RD Suherman dan Kadis Koperasi dan UMKM Edliaty Siregar menyambut baik ajakan tersebut. Pasalnya Pemko Medan mendukung segala upaya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya dalam bidang pelayanan.



Namun demikian, Wali Kota Medan menginginkan sosialisasi kepada masyarakat harus ditingkatkan agar dapat menggunakan aplikasi ini. Selain itu, Lanjut Bobby, LinkAja diharapkan dapat menjadikan salah satu pasar sebagai contoh untuk diterapkannya pembayaran digital ini.


"Salah satunya pembayaran Retribusi pasar bisa menggunakan aplikasi ini. Dengan demikian maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan langsung masuk ke kas negara sehingga terhindar dari kebocoran yang selama ini sering terjadi," kata Wali Kota Medan.


Selanjutnya Wali Kota meminta LinkAja untuk melakukan koordinasi dengan PD Pasar guna mewujudkan pasar yang menerapkan sistem pembayaran Digital. Selain itu juga diharapkan dapat membantu Pemko Medan dalam menjadikan pasar yang nyaman dan aman bagi pedagang maupun pembeli. (MC/Arf)

Share:
Komentar

Berita Terkini