Peringati May Day, Presiden Jokowi: Buruh Aset Besar Bangsa

REDAKSI
Sabtu, 01 Mei 2021 - 10:39
kali dibaca
Ket Foto : Presiden Jokowi. (INT)

Mediaapakabar.com
Presiden Joko Widodo memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day dengan mengapresiasi peran para pekerja dalam pembangunan bangsa serta negara.

Jokowi mengatakan buruh punya andil besar dalam pembangunan. Dia menyebut buruh menggerakkan perekonomian dalam negeri.


"Para buruh adalah aset besar bangsa kita," tulis Jokowi dalam akun Twitter @jokowi dilansir dari CNNIndonesia.com, Sabtu (1/5/2021).


Jokowi tak ingin Hari Buruh dirayakan hanya sebagai peringatan sejarah. Dia ingin May Day dirayakan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para pekerja.


Hari Buruh Internasional dirayakan bukan sekadar untuk memperingati sebuah momentum di masa lalu, tapi kita memberi penghormatan atas karya dan ketekunan para pekerja yang menggerakkan ekonomi dan dunia usaha.


"Kita memberi penghormatan atas karya dan ketekunan para pekerja yang menggerakkan ekonomi dan dunia usaha," tuturnya.


Hari ini, sejumlah elemen buruh turun ke jalan memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day. Di Jakarta, aksi dipusatkan di Kantor Organisasi Buruh Internasional (ILO), Patung Arjuna Wiwaha, dan Gedung Mahkamah Konstitusi.


Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menerjunkan 50 ribu buruh di 24 provinsi dalam unjuk rasa kali ini. Sebanyak 300 orang di antaranya akan bergabung dengan massa buruh lain di sekitar Istana Kepresidenan.


Tuntutan buruh pada May Day kali ini beragam, mulai dari mendesak kenaikan upah, menagih tunjangan hari raya (THR), hingga mendorong pencabutan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini