Hindari Antigen Bekas, Berikut Cara Cek Alat Swab Baru

REDAKSI
Sabtu, 01 Mei 2021 - 19:22
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi. Baru-baru ini, publik dibuat kaget dengan temuan swab antigen menggunakan alat kesehatan bekas. Bagaimana cara mengenali alat swab baru dalam tes covid-19? (CNNIndonesia.com)

Mediaapakabar.com
Baru-baru ini, publik dibuat kaget dengan temuan swab antigen menggunakan alat kesehatan bekas di Bandara Kualanamu. Oknum petugas kesehatan itu mencuci ulang alat swab tersebut untuk digunakan kembali demi meraup keuntungan pribadi.

Hal tersebut patut diwaspadai oleh semua masyarakat. Lalu, bagaimana cara mengidentifikasi alat swab baru dalam tes covid-19?


Ahli Patologi Klinik Laboratorium Primaya Hospital Karawang Hadian Widyatmojo mengimbau masyarakat sebelum melakukan swab untuk memastikan bahwa alat swab yang digunakan masih berada di dalam kemasan dan tersegel. Hal ini berlaku untuk rapid test antigen maupun swab PCR.


Ia menuturkan masyarakat dapat meminta petugas swab untuk memperlihatkan alat swab masih baru di dalam kemasan sebelum test. Masyarakat juga bisa meminta alat test untuk dibuka di depan pasien.


Selain itu, masyarakat berhak untuk meminta petugas membuka bungkus plastik alat test sesaat sebelum tindakan swab. Gunanya, untuk menjaga agar alat tersebut tetap steril dan mencegah kontaminan.


"Anda bisa mencurigai jika tidak melihat alat swab tersebut dibuka dari tempatnya di depan Anda," ujarnya dalam keterangan resmi dilansir dari CNNIndonesia.com, Sabtu (1/5/2021).


Alat test swab, lanjutnya, seharusnya memiliki izin edar. Dengan demikian, pasien bisa menanyakan izin edar tersebut pada petugas fasilitas kesehatan (faskes) terkait merek atau tanggal kadaluarsa alat yang digunakan.


"Kadaluarsa alat swab antar merek pun berbeda beda. Umumnya sebuah alat swab bisa bertahan bertahun tahun dari masa produksinya," imbuhnya.


Alat swab juga harus mempunyai Nomor Izin Edar (NIE) dari Kementerian Kesehatan. Jadi, pasien dapat meminta petugas untuk diperlihatkan sertifikat NIE dari vendor alat.


Selain itu, Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Makassar Selvi Josten, menambahkan masyarakat juga dapat memperhatikan indikasi-indikasi lain untuk mendeteksi alat test swab baru. Misalnya, melihat permukaan swab stik berwarna putih bersih, masih mulus atau tidak kelihatan bergerigi, serta tidak beraroma.


Ia juga memastikan bahwa seluruh alat swab tidak dapat digunakan kembali. Alat tersebut merupakan alat sekali pakai dan akan dibuang setelah digunakan.


Penggunaan reusable alat swab, kata dia, sangat berisiko tinggi pada kesehatan dan penyebaran infeksi virus covid-19 kepada pasien lainnya.


"Pastikan alat swab tersebut masih baru dan perhatikan perlekatan kemasannya harus dalam keadaan sempurna seperti dari pabrik bukan memakai lem atau double tape," katanya.


Sementara itu, dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bekasi Barat Dwi Fajaryani mengatakan bahwa masyarakat umum tidak diperkenankan untuk membeli alat swab sendiri. Pasalnya, penggunaan alat swab harus dilakukan dan dalam pengawasan tenaga medis ahli. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini