Bunda Paud Gayo Lues Teken MoU Pendidikan Holistik Integratif Secara Virtual

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Bunda PAUD Gayo Lues hadiri penandatanganan MOU PAUD berbasis pendidikan holistik integratif secara virtual dengan serentak di-seluruh kabupaten se-Aceh, Jumat (28/5/2021).

Mediaapakabar.com
Bunda PAUD Gayo Lues hadiri penandatanganan MOU PAUD berbasis pendidikan holistik integratif secara virtual dengan serentak di-seluruh kabupaten se-Aceh, Jumat (28/5/2021).

Pada pertemuan yang dilakukan secara daring tersebut, bunda PAUD Aceh, Dyah Erti Idawati menyampaikan akan pentingnya pendidikan usia dini bagi para generasi-generasi penerus. Ia bertutur bahwa PAUD memegang peranan sebagai upaya pengoptimalan potensi dan bakat anak. 


Didasarkan pada hal ini, pemerintah Aceh bekerjasama dengan berbagai pihak membangun PAUD Holistik Integratif (HI) demi meningkatkan kualitas pendidikan anak di Aceh. 


“Pendidikan anak usia dini haruslah kita optimalkan, baik dari infrastruktur, tenaga pendidik maupun asupan gizi anak, inilah yang menjadi fokal point yang diusung dalam PAUD Holistik Integratif” ujar Dyah Erti Idawati.


Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT turut menyampaikan komentarnya, menurutnya dengan kondisi Indonesia yang jumlah penduduk usia produktifnya mencapai angka 70% harusnya kesejahteraan sudah ada dalam genggaman, namun kondisi lapangan berbanding terbalik dengan angka yang ditampilkan. 


Hal ini karena mirisnya kondisi pendidikan, kurangnya ilmu pengetahuan dan pengembangan bakat individu dan menjadi latar belakang terbentuknya pendidikan berbasis holistik ini. 


Lebih lanjut dikatakannya, memaparkan jika peningkatan kuantitas dan kualitas penduduk usia produktif berbanding lurus, maka peningkatan kualitas perekonomian masyarakat dan pendapatan daerah juga dapat dioptimalkan. 


“Saat ini Indonesia berstatus bonus demografi, dimana usia produktif mendominasi populasi masyarakat kita, namun, kualitas dari pada penduduk masih buruk, banyaknya pengangguran dan tingkat kriminal oleh anak dibawah umur, maka pendidikan dini perlu dilakukan, penanaman nilai moral dan nilai-nilai teladan perlu dikenalkan sejak dini,” jelasnya.


Menutup pertemuan tersebut, Nova mengharapkan adanya sinergitas yang berkelanjutan antar-pihak dan instansi terkait, demi tercapainya tujuan program PAUD HI ini. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini