Belasan Ribu Personel Sekat 82 Titik Jalur Mudik di Sumut

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Pemerintah RI telah menelurkan kebijakan larangan mudik 6-17 Mei 2021 demi mencegah terjadinya penularan Covid-19 yang lebih masif ke sejumlah wilayah.(CNNIndonesia/Safir Makki)

Mediaapakabar.com
Total sekitar 11.600 personel gabungan diterjunkan untuk pengamanan Idulfitri 1442 Hijriah dan larangan mudik di wilayah Sumatera Utara.

Personel gabungan itu akan ditempatkan di lokasi yang menjadi perhatian khusus terutama di perbatasan Sumatera Utara dan kabupaten/kota.


Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak merinci dari 11.600 personel yang dilibatkan tersebut masing-masing 7.700 Polri, ditambah 1.200 personel TNI dan pemerintah daerah 2.700 personel yang tergabung dalam pos pengamanan.


"Untuk mengamankan perayaan Idulfitri, kita melaksanakan Gelar Pasukan Operasi Pekat Toba tahun 2021. Untuk pelaksanaan ini, kita menyebar atau menempatkan personel di tempat yang menjadi perhatian kita," kata Panca dilansir dari CNNIndonrsia.com, Kamis (6/5/2021).


Panca menyebutkan di wilayah hukumnya dibuat pos penyekatan antara lain 9 pos penyekatan antarprovinsi, dan ada 73 pos penyekatan antarkabupaten/kota. Personel gabungan secara bersama-sama melakukan pengamanan untuk memastikan masyarakat tidak melaksanakan mudik lebaran.


"Hal ini dilakukan agar dapat menekan penyebaran Covid-19 yang masih tinggi di Sumut. Kita jaga bersama-sama secara terpadu dengan pemerintah daerah dan TNI untuk memastikan kalau masyarakat tidak ada melaksanakan mudik, sebagaimana imbauan dan anjuran pemerintah untuk kesehatan bersama," tegas Panca.


Dia menerangkan personel gabungan juga ditempatkan di lokasi keramaian seperti mal dan pasar. Hal ini untuk memastikan agar masyarakat menjalankan imbauan pemerintah khususnya tidak mudik dan perjalanan yang tidak penting.


"Kita harapkan pelaksanaan Idul Fitri dijalankan secara sederhana," beber mantan Kapolda Sulawesi Utara itu.


Pemerintah pusat menerapkan kebijakan larangan mudik 6-17 Mei 2021 demi mencegah penularan Covid-19 yang lebih masif ke sejumlah wilayah. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini