Aksi May Day di Jakarta, KASBI Sebut 300 Orang Diamankan Polisi

REDAKSI
Sabtu, 01 Mei 2021 - 19:16
kali dibaca
Ket Foto : Gabungan buruh dan mahasiswa menggelar aksi memperingati Hari Buruh atau May Day di Jakarta, Sabtu, 1 Mei 2021. (CNNIndonesia.com)

Mediaapakabar.com
Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos mengklaim polisi menangkap hampir 300 orang dari aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di kawasan Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (1/5/2021). Namun, menurutnya, jumlah itu sedang dipastikan kembali oleh pihaknya saat ini.

"Yang ditangkap, pihak buruh ada 3 orang, mahasiswa dan pelajar ada sekitar lebih kurang sekitar 200-300 orang, tapi tim advokasi untuk demokrasi sedang kroscek dan melakukan upaya pendampingan," kata Nining dilansir dari saat CNNIndonesia.com, Sabtu (1/5/2021).


Berangkat dari itu, dia mendesak polisi agar segera membebaskan orang-orang yang ditangkap dari aksi May Day di kawasan Patung Kuda. Nining menegaskan bahwa aksi massa yang dilakukan pihaknya merupakan aksi damai.


"Sangat disayangkan aksi tersebut berujung pengamanan terhadap massa, padahal mereka bagian dari gerakan rakyat, kita mendesak agar membebaskan para mahasiswa, buruh, pemuda, pelajar yang ditangkap dibebaskan tanpa syarat," ujarnya.


Polisi sebelumnya mengaku telah mengamankan puluhan orang dari aksi May Day di kawasan Patung Kuda. Mereka yang ditangkap antara lain mahasiswa Papua, mahasiswa dari PMKRI, mahasiswa dari organisasi lain, dan sejumlah orang yang dicap dari kelompok Anarko.


Polisi beralasan penangkapan dilakukan karena orang-orang itu hendak menimbulkan kericuhan hingga melanggar protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. (CNNI/MC)


Share:
Komentar

Berita Terkini