7 Fakta Chelsea Juara Liga Champions, Nomor 4 Bukti Kante Mental Juara

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Chelsea juara Liga Champions 2020/2021. (Reuters)

Mediaapakabar.com
Chelsea juara Liga Champions. Klub London Barat itu menang 1-0 atas Manchester City pada final di Estadio Do Dragao, Minggu (30/5/2021) dini hari WIB.

Gol semata wayang The Blues dicetak Kai Havertz pada menit ke-42. Itu merupakan titel Si Kuping Besar kedua bagi Chelsea setelah 2012. 


Selain itu masih banyak fakta menarik di balik kesuksesan Chelsea. Berikut ulasan selengkapnya dikutip dari Opta di halaman iNews.id.


1. Hattrick Pelatih Jerman


Pelatih Chelsea Thomas Tuchel pertama kalinya juara Liga Champions sepanjang karier. Dia meneruskan dominasi pelatih Jerman di ajang tersebut.


Tiga musim terakhir tim yang juara Liga Champions selalu ditangani pelatih Jerman. Jurgen Klopp bersama Liverpool pada 2019, Hansi Flick dengan Bayern Munchen (2020).


2. Edouard Mendy ukir Sejarah


Kiper Chelsea Edouard Mendy penjaga gawang Afrika pertama yang memenangkan Liga Champions.


Dia mencatatkan 10 clean sheet dalam 12 pertandingan, hanya kebobolan dua kali. 


3. Thomas Tuchel Ikuti DNA Jurgen Klopp


Tuchel manajer kedua yang mencatatkan tiga kemenangan beruntun di semua kompetisi melawan Pelatih City Pep Guardiola setelah rekan senegaranya Klopp melakukannya pada 2018 bersama Liverpool.


4. N'Golo Kante Mental Juara


Kante kembali tampil fantastis di laga final Liga Champions. Koleksi lemari trofinya kini semakin lengkap.


Juara Liga Inggris bersama Leicester City (2016) dan Chelsea (2017), juara Piala Dunia bareng Timnas Prancis (2018), juara Liga Europa bersama Chelsea (2019), juara Liga Champions bersama Chelsea (2021).


5. Roman Abramovich Efek


Tidak ada klub Inggris yang lebih banyak mengoleksi trofi dibanding Chelsea sejak Roman Abramovich menjabat sebagai presiden klub. Hingga kini The Blues mengumpulkan 12 piala.


5 Piala FA, 5 Liga Inggris, 3 Piala Liga Inggris, 2 Liga Europa, 2 Liga Champions.


6. Mendy Sejajar dengan Kiper Top


Edouard Mendy jadi kiper ketiga sepanjang sejarah yang bisa mencatatkan lebih dari 9 clean sheet dalam satu musim Liga Champions.


Dia menyamai rekor Keylor Navas (2016) dan Santiago Canizares (2001).


7. Tuchel Momok Guardiola


Tuchel merupakan pelatih kedua yang berhasil mengalahkan Guardiola di partai final kompetisi major.


Sebelumnya Jose Mourinho melakukannya bersama Real Madrid. Los Blancos asuhannya membungkam Barcelona era Guardiola di final Copa del Rey 2010/2011. (II/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini