Tabrakan Kapal di China, Tumpahan Minyak Cemari Pelabuhan

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Ilustrasi kapal tanker. (iStockphoto/Suriyapong Thongsawang)

Mediaapakabar.com
Satu kapal tanker yang mengangkut minyak mentah bertabrakan dengan kapal lain di Laut Kuning, China, pada Selasa (26/4/2021). Insiden itu memicu tumpahan minyak yang mencemari perairan di sekitar pelabuhan minyak terbesar China di Qingdao.

Perusahaan Goodwood Ship Management melaporkan bahwa kapal induk Sea Justice menabrak kapal tanker A Symphony di dekat Qingdao, timur laut China, sekitar pukul 09.00 waktu setempat.


Perusahaan itu memaparkan bahwa insiden tersebut membuat kapal tanker kehilangan "sejumlah volume minyak."


"Kekuatan hantaman menyebabkan kerusakan pada tangki kargo dan tangki pemberat. Semua anggota kru kapal telah diperiksa dan tidak ada yang cedera," bunyi pernyataan Goodwood Ship Management seperti dikutip AFP dari halaman CNNIndonesia.com, Kamis 29 April 2021.


Manajemen Kapal Goodwood mengatakan bahwa mereka sudah menerapkan prosedur darurat demi meminimalisir kebocoran minyak. Para ahli juga telah dikerahkan untuk menghentikan tumpahan minyak dan memulai operasi pembersihan.


Namun, cuaca buruk membuat jarak pandang atau visibilitas semakin pendek sehingga menghambat upaya evakuasi.


Sementara itu, Administrasi Keselamatan Maritim China menyatakan telah memerintahkan kedua kapal itu untuk tidak berlayar 18,5 kilometer dari daerah tersebut. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini