Safari Ramadhan ke Bireuen, AHY Disambut Masyarakat Aceh

REDAKSI
Sabtu, 24 April 2021 - 23:48
kali dibaca
Ket Foto : Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkunjung ke Kabupaten Bireuen, Aceh, Sabtu 24 April 2021.

Mediaapakabar.com
Mengawali rangkaian Safari Ramadhan 1442 Hijriyah, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkunjung ke Kabupaten Bireuen, Aceh, Sabtu 24 April 2021.

AHY disambut hangat Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Bupati Bireuen Muzakkar A. Gani beserta kader Partai Demokrat di Pendopo Bersejarah Bireuen.


"Alhamdulillah saya bersyukur karena hari ini bisa kembali datang ke Serambi Mekah, Aceh. Ini bukan kunjungan pertama bagi saya di Aceh juga di Bireuen, tetapi kali ini spesial kedatangan ini adalah untuk silaturahmi dalam semangat bulan suci Ramadhan," ujar AHY.


"Saya diterima dengan sangat baik di tempat yang sangat bersejarah ini. Di sini adalah tempat bersejarah karena pada tahun 1948 pernah dijadikan tempat oleh Presiden Pertama kita Bung Karno untuk melakukan komando dan pengendalian," AHY.


"Hal itu dilakukan untuk meyakinkan pemerintah yang sah tetap berdiri dan eksis di bawah pimpinan Bung Karno selama 12 hari memimpin. Itu lah kenapa Bireuen ini disebut sebagai Kota Juang," tambahnya. 


Pendopo yang didominasi warna putih ini, secara arsitektur memiliki gaya bangunan kolonial. Selama satu hari berkegiatan di Kabupaten Bireuen, Ketum AHY akan bermalam di kamar 'Ir. Soekarno'. Kamar ini yang juga pernah menjadi tempat persinggahan Presiden Pertama RI Soekarno saat di Pendopo Bersejarah Bireuen.


Saat tiba di Pendopo, Bupati Muzakkar secara simbolis memasangkan kopiah khas Aceh, Meukeutop. Kopiah ini berbentuk bulat, dihiasi motif khas Aceh dengan paduan warna kuning, hijau, dan merah.


Diiringi Shalawat Badar, AHY dipersilakan masuk ke Pendopo Bersejarah Bireuen untuk sejenak bersilaturahmi. Dalam kesempatan itu AHY juga secara langsung disambut upacara adat Peusijuk (pemberian doa sebagai bagian dari prosesi adat Tepung Tawar) oleh tokoh agama Tengku Muhammad Ishak.


Tradisi budaya Aceh ini merupakan simbol diterimanya kedatangan AHY di Kabupaten Bireuen. Selain melakukan ziarah ke makam Tun Sri Lanang dan silaturahmi dengan para ulama Aceh, AHY juga melakukan konsolidasi internal dengan kader Partai Demokrat.


AHY datang ke Aceh didampingi Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Anggota DPR-RI Muslim, dan Wasekjen Partai Demokrat Jovan Latuconsina.


Aceh adalah provinsi pertama yang didatangi Ketum AHY dalam rangkaian Safari Ramadhan. AHY tiba di Bandar Udara Malikussaleh dijemput langsung Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib.


Selanjutnya, AHY dan rombongan DPP Partai Demokrat akan melanjutkan Safari Ramadhan ke Provinsi Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, NTT, dan NTB. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini