PWI Sumut Kritik Keras Pengaman Bobby Nasution yang Halangi Tugas Wartawan di Pemko Medan

REDAKSI
Kamis, 15 April 2021 - 13:22
kali dibaca
Ket Foto : Wali Kota Medan Bobby Nasution dikawal sejumlah paspampres berbaju batik usia dilantik oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi beberapa waktu lalu. 


Mediaapakabar.comPersatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut) mengkritik pengamanan yang dilakukan terhadap Wali Kota Medan Bobby Nasution. PWI mengingatkan pengamanan Bobby tidak boleh menghalangi wartawan yang hendak mewawancarai Bobby.

"Tidak boleh polisi, Paspampres menghalangi tugas jurnalistik wartawan," kata Ketua PWI Sumut, Hermansjah, kepada wartawan, Kamis (15/4/2021).


Hal itu disampaikan Herman karena adanya wartawan yang dihalangi untuk mewawancarai Bobby di kantor Wali Kota Medan. Wartawan itu disebut dihalangi oleh Satpol PP, Polisi hingga Paspampres yang berada di kantor Wali Kota Medan.


Ada juga video yang menunjukkan wartawan di area Kantor Walikota Medan diminta oleh seorang polisi agar tak berada di bagian depan gedung. Selain itu, ada juga seorang yang menggunakan pakaian safari meminta agar dirinya tak direkam.


"Ini kan bermula dari adanya wartawan yang dihalangi mulai dari Satpol PP, Polisi dan Paspampres katanya di Pemko. Kita kan belum tahu, belum mengkonfirmasi ke Bobby apakah itu atas permintaan beliau atau tidak," ucapnya.


Herman mengingatkan tidak ada yang menghalangi tugas wartawan. Dia menegaskan tugas wartawan dilindungi Undang-Undang. "Karena wartawan bekerja juga dilindungi UU," ucapnya.


Menurut Herman, wartawan seharusnya diberikan akses untuk bisa bertemu dengan Bobby sebagai narasumber. Apalagi, katanya, Bobby merupakan Wali Kota Medan.


"Wartawan butuh narasumber yakni Wali Kota. Seharusnya dia (Bobby) juga kalau nggak mau (wawancara) doorstop, buat kegiatan yang bisa menemukan Bobby dengan wartawan, seperti coffee morning misalkan," tutur Herman.


Dia membandingkan pengamanan Bobby sebagai Wali Kota Medan dengan Edy Rahmayadi sebagai Gubernur Sumut. Herman meminta agar Bobby bisa lebih terbuka seperti Edy.


"Harusnya Wali Kota meniru apa yang dilakukan Gubernur," jelasnya.


Seperti diberitakan sebelumnya, Satpol PP,

polisi hingga paspampres mengusir wartawan dari Balai Kota Medan ketika hendak melakukan wawancara kepada Bobby Nasution pada Rabu 14 April 2021 sore. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini