-->
    |
Follow Us :

Pengabdian Rimbawati Dosen UMSU Membangun Wisata Sawah Dikunjungi Ribuan Pengunjung

Kali Dibaca

Foto: Wisata sawah yang berlokasi di Desa Pematang Johar dengan penduduk 15.191 jiwa terbagi dalam 18 dusun ini didirikan diatas sawah seluas 10 Ha, dengan 20 KK pemilik lahan.

Mediaapakabar.com - Pengabdian Rimbawati MT, seorang Dosen pada Fakultas Tehnik UMSU yang berkarya sesuai keilmuannya melakukan inovasi terhadap potensi desa berhasil membangun wisata sawah yang mendapat kunjungan ribuan pengunjung setiap minggunya.

Wisata sawah yang berlokasi di Desa Pematang Johar dengan penduduk 15.191 jiwa terbagi dalam 18 dusun ini didirikan diatas sawah seluas 10 Ha, dengan 20 KK pemilik lahan.

Menurut Juman sebagai Direktur Bumdes Johar Mandiri Jaya wisata sawah setiap harinya dikunjungi wisata lokal daerah 2000 pengunjung, dan khusus hari sabtu dan minggu jumlah pengunjung mencapai 6000 pengunjung.

Bapak dari 3 putra dan seorang putri yakni Juman ini menjelaskan bahwa perbulan Bumdes dari penjualan tiket menghasilkan 200 juta perbulan, diluar parkir. Belum lagi pendapatan perkapita masyarakat yang berjualan kuliner berupa pangan tradisionil seperti bebek goreng, pecel, getuk, kerupuk ubi, tempe, sayuran bayam dan buah pare dan lain-lain membuat peredaran ekonomi masyarakat meningkat secara signifikan.

Rimbawati, MT yang berhome base di Prodi Teknik Elektro UMSU ketika dihubungi melalui telf selulernya Jumat sore 02/04 menjelaskan bahwa wisata ini beroperasi akhir 2019, dan sejak awal 2020 telah menjadi perhatian ribuan orang untuk berdarmawisata kuliner menikmati tanaman padi yang menguning diatas bangunan bambu beratapkan rumbia dan sarana jalan setapak diatas tanaman padi.

Program tersebut di  danai oleh  Kementrian RistekBrin tahun anggaran 2020 hingga 2022, melalui Program Hibah Pengembangan Desa Mitra (PPDM). Adapun anggota Tim terdiri dari Dr, Moh. Yusri, Zulkifli Siregar, ST, MT dan Muhammad Alqamari, SP. MP dengan GOAL diakhir program adalah Desa Pematang Johar menjadi DESA MANDIRI kata Rimbawati.

Dari apa yang kita bangun dengan menerapkan energi terbarukan kita berharap jejak yang saya rintis ini menjadi bahagian dari dukungan terhadap program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbud.  dalam menyiapkan alumni UMSU khususnya Prodi Teknik elektro yang manpu memberikan inovasi setelah menyelesaikan perkuliahannya. Dari perancangan sampai perakitan sistem Pembangkit Tenaga Surya berkapasiatas 3500 WP yang ada di wisata sawah tersebut semua dilakukan oleh Tim PPDM beserta Mahasiswa yang turut ambil bagian dalam project Tugas Akhir, inilah nilai Plus dari program ini.

Kemudian dukungan Pimpinan Univesitas Muhammadiyah Sumatera Utara juga sangat membantu Tim dalam menyelasaikan step by step pelaksanaan program tersebut. Untuk itu Tim PPDM mengucapkan  terimakasih, karena sinergitas antara Pimpinan Universitas dengan dosen dan Mahasiswa pasti akan menghasilkan karya yang lebih phenomenal, tegas Rimbawati.

Alhamdulillah berdasarkan hasil review laporan akhir tahun Tim PPDM UMSU berhasil menjadi Iconic Program ABDIMAS Multi Tahun pada tahun 2020 yang di presentasikan oleh Menteri RritekBrin Bapak Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, PH.D.

Sementara itu Kepala Desa Pematang Johar Sudarman menjelaskan bahwa masyarakat Desa sangat bersyukur atas berkembangnya wisata sawah, karena menyerap tenaga kerja baru, disamping produk UMKM tradisional masyarakat menjadi oleh oleh pengunjung luar daerah sehingga pertumbuhan ekonomi desa ditengah pandemi covid 19 sangat menjanjikan.

Saya bangga dengan kehadiran Ibu Rimbawati dari UMSU yang banyak membantu kami membangun wisata sawah, kata Kepala Desa Pematang Johar, Sudarman.(MC/ SS) 
Komentar

Berita Terkini