Orang Tertua di AS, Hester Ford Meninggal Dunia di Usia 116 Tahun

REDAKSI
Senin, 19 April 2021 - 11:06
kali dibaca
Ket Foto : Orang tertua di Amerika Serikat (AS), Hester Ford, saat merayakan ulang tahun ke-115. Dia meninggal dunia pada Sabtu (17/4/2021) dalam usia 116 tahun.

Mediaapakabar.com
Orang Amerika Serikat tertua, Hester Ford, meninggal dunia pada usia 116 tahun. Ford meninggal di rumahnya di Charlotte, pada Sabtu (17/4/2021). Kematian warga North Carolina itu diumumkan oleh cicit perempuannya Tanisha Myers di Facebook.

Myers mengatakan Ford mengembuskan nafas terakhir dengan damai di rumah dan dikelilingi keluarga. Dia memiliki 288 keturunan, 12 anak, 48 cucu, 108 cicit dan 120 cicit.


"Meskipun dia telah meninggal, warisan dan kenangannya akan terus hidup melalui keluarganya dan semua orang untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk generasi yang akan datang," tulis Myers seperti dikutip dari AFP.


Kapan tepatnya tanggal lahir Ford memang tidak jelas, tetapi Gerontology Research Group (GRG) mengakuinya sebagai orang Amerika tertua.


Wanita itu lahir jauh sebelum Perang Dunia I dan es krim cone ditemukan serta Terusan Panama belum selesai dikerjakan.


Dia dibesarkan di pedesaan South Carolina. Ford menghabiskan masa kecil dengan memetik dan menanam kapas serta membajak ladang.


Dia kemudian bekerja selama bertahun-tahun sebagai pengasuh. Ford memulai hari dengan sarapan setengah pisang. Tetapi ketika ditanya rahasia umur panjang, dia hanya menjawab singkat.


"Saya hanya hidup dengan benar, sesuai yang saya tahu." Suami Ford meninggal pada tahun 1963. Setelah itu dia tidak pernah menikah lagi.


Meskipun Ford dilaporkan menderita demensia, tetapi dia bisa melafalkan sebuah ayat Alkitab pada hari ulang tahunnya yang ke-112.


Tahun lalu, komisaris di Mecklenburg County mendeklarasikan 1 September sebagai 'Mother Hester Ford Day'.


"Dia tidak hanya mewakili kemajuan keluarga kami tetapi juga ras dan budaya Afrika-Amerika di negara kami," kata pernyataan keluarga itu.


"Dia adalah pengingat seberapa jauh kita telah hadir sebagai manusia di bumi ini." Sebelum Ford, Alelia Murphy yang berusia 114 tahun, meninggal dunia pada 2019.


Kini warga Amerika tertua yang masih hidup adalah Thelma Sutcliffe dari Omaha, Nebraska. Dia berusia 114 tahun. Sedangkan orang tertua yang masih hidup di dunia diyakini Kane Tanaka, 118, dari Fukuoka, Jepang. (AFP/CNNI)

Share:
Komentar

Berita Terkini