Oknum Penyidik KPK Diduga Peras Wali Kota Tanjung Balai Ditangkap Propam Polri

REDAKSI
Kamis, 22 April 2021 - 09:56
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi Penangkapan. (INT)

Mediaapakabar.com
Seorang oknum penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), AKP SR, diamankan personel Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri dan KPK. SR merupakan penyidik KPK yang berasal dari Polri. 

SR diduga meminta uang Rp 1,5 miliar kepada Walikota Tanjung Balai H M Syahrizal dengan janji akan menghentikan penyidikan kasusnya.


"Propam Polri bersama KPK mengamankan penyidik KPK AKP SR pada Selasa (20/4/2021) dan telah diamankan di Divisi Propam Polri," ujar Kepala Divisi Propam Polri Irjen (Pol) Ferdy Sambo dalam keterangannya seperti dilansir dari Kompas.com, Kamis (22/4/2021).


Sambo mengatakan, penyidikan terhadap SR selanjutnya dilakukan oleh KPK. Namun, KPK akan berkoordinasi dengan Propam Polri.


"Penyidikan kasus tersebut dilakukan oleh KPK, namun demikian tetap berkoordinasi dengan Propam Polri," ujarnya.


Sebelumnya, pimpinan KPK sudah mendapatkan informasi ihwal oknum penyidik yang diduga meminta uang Rp 1,5 miliar kepada Wali Kota Tanjungbalai H M Syahrizal.


Adapun tujuan permintaan tersebut yakni agar KPK menghentikan penyidikan kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait lelang atau mutasi jabatan di Pemerintah Kota Tanjung Balai pada 2019.


Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyatakan, pelaku pemerasan akan mendapatkan sanksi sesuai ketentuan hukum yang berlaku.


"Jika benar terjadi pemerasan tersebut, jelas merupakan tindak pidana korupsi, tentu akan kami proses sesuai prosedur hukum," katanya. (KC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini