Ketua Panitia Ujian Anggota PWI Drs Khairul Muslim : ''Wartawan Wajib Masuk Organisasi Kewartawanan Sesuai UU Pers Nomor 40''

Media Apakabar.com
Sabtu, 03 April 2021 - 13:00
kali dibaca

Foto: Ketua Panitia Drs Khairul Muslim

Mediaapakabar.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara, menggelar penerimaan calon anggota baru  (anggota muda) dan kenaikan tingkat menjadi anggota biasa, di Gedung PWI Parada Harahap Jalan Adinegoro Medan, Sabtu (03/04/2021)

Ketua Panitia Drs Khairul Muslim menyampaikan , ujian penerimaan calon keanggotaan PWI itu, diikuti sebanyak 111 wartawan dari berbagai media cetak, elektronik dan media online, masing masing 76 orang calon anggota muda dan 38 orang lainnya calon anggota biasa.

"Dalam ujian yang bermoto 'Memperkokoh Silidaritas Organisasi dan Profesi" ini, juga akan menghadirkan Kepala Pimpinan Pemasaran Konsumen Kantor Pusat PT Bank Sumut Ramadhan Muda Siregar ST yang akan menyampaikan materi tentang peran Bank Sumut Dalam Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi," kata Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sumut tersebut.

Khairul menjelaskan, materi ujian yang diberikan adalah pembuatan berita dari pemateri Bank Sumut serta ujian tertulis tentang kode etik jurnalistik dan lainnya.

" Para wartawan yg mengikuti ujian ini adalah yang kompeten dan ujian ini adalah amanah dari konstitusi sesuai UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 yang mana wartawan wajib memasuki salah satu organisasi kewartawanan," katanya. 

Menurut wartawan senior ini, PWI adalah organisasi konstituen Pers yang masih dipercaya, kompeten dan memenuhi standarisasi dewan pers.

" Ada peserta yang minta agar penerimaan keanggotaan PWI tidak melalui ujian, namun permintaan itu tidak bisa diberikan mengingat ujian penerimaan dan kenaikan status keanggotaan adalah merupakan prosedur dan ketetapan (Protap) yang sudah ditentukan," tandas Khairul.

Pelaksanaan ujian keanggotan PWI itu, secara resmi dibuka Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE yang berlangsung mulai pukul 08.00 Wib hingga 12.00 Wib dan ditutup oleh Ketua Panitia Drs Khairul Muslim. (MC/Red)
Share:
Komentar

Berita Terkini