-->
    |
Follow Us :

Hari Kartini, Panglima TNI: Prajurit Wanita Punya Kesempatan Sama dengan Pria

Kali Dibaca
Ket Foto: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memeriksa pasukan saat upacara pelepasan Satuan Tugas Maritime Task Force (Satgas MTF) TNI Konga XXVIII-M/Unifil di Dermaga Utara Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Jumat 5 Maret 2021. Sebanyak 119 prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Maritime Task Force (Satgas MTF) TNI Konga XXVIII-M/Unifil bersama KRI Sultan Iskandar Muda-367 diberangkatkan menuju Lebanon dalam menjalankan misi perdamaian PBB. (Antara)

Mediaapakabar.com
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada perayaan Hari Kartini menyatakan, saat ini TNI membuka peluang seluas-luasnya bagi para prajuritnya, termasuk Wanita TNI untuk mengembangkan karir kemiliteran.

"Saat ini, para Kartini modern memiliki peluang yang sama dengan counterpart pria di berbagai medan pengabdian dan penugasan," kata Panglima TNI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Ganip Warsito pada Apel Bersama Wanita TNI, di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur dilansir dari Tempo.co, Rabu, 21 April 2021.


Apel bersama ini diselenggarakan bertepatan dengan hari lahir pejuang Raden Ajeng Kartini yang jatuh pada 21 April.


Menurut dia, Akademi TNI telah menjadi almamater tidak hanya bagi para Taruna tetapi juga Taruni. Wanita TNI pun telah ikut berpartisipasi dalam berbagai misi pemeliharaan perdamaian dunia di berbagai negara.


"Bahkan, TNI telah memiliki Perwira Tinggi Wanita yang menjadi bukti kemampuan para Wanita TNI untuk meniti jenjang karir hingga ke jenjang tertinggi," kata Marsekal Hadi.


Dalam kesempatan itu, Panglima TNI mengatakan, tantangan ke depan akan semakin kompleks, sehingga membutuhkan kemampuan prajurit untuk beradaptasi agar tidak tergerus perubahan.


Selain itu, kemajuan teknologi membawa berbagai paradoks. Salah satunya, teknologi komunikasi dengan media sosial dan internetnya yang digunakan untuk berbagai kegiatan positif tetapi juga kejahatan lintas negara, radikalisme, dan terorisme.


Panglima TNI berpesan agar prajurit wanita terus membina diri dan melakukan peningkatan kemampuan. Terlebih, para prajurit wanita juga berperan sebagai ibu rumah tangga. (TC/MC)

Komentar

Berita Terkini