Gunung Sinabung Kembali Muntahkan Abu Tebal Setinggi 500 Meter

REDAKSI
Senin, 19 April 2021 - 11:22
kali dibaca
Ket Foto : Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Jumat (16/4/2021). (istimewa/iNews.id)

Mediaapakabar.com
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, kembali erupsi, Senin (19/4/2021). Erupsi kali ini, gunung dengan ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memuntahkan kolom abu setinggi lebih dari 500 meter dari puncak gunung. 

Kepala Pos Pantau Gunung Sinabung Armen Putra mengatakan erupsi Gunung Sinabung terjadi pukul 08.45 WIB. Kolom abu yang berwarna kelabu dengan intensitas tebal dibawa angin ke arah barat daya Gunung Sinabung. 


"Erupsi beramplitudo 64 mm dengan durasi 2 menit 25 detik," ucap Armen dilansir dari iNews.id, Senin 19 April 2021.


Saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius 3 km dari puncak gunung.


Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanis.


Selain itu, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanis yang lebat agar tidak roboh. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini