Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Muntahkan Abu Vulkanik 2.000 Meter

REDAKSI
Minggu, 04 April 2021 - 13:25
kali dibaca
Ket Foto : Gunung Sinabung erupsi beberapa waktu lalu. (ANTARA)


Mediaapakabar.comGunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara mengalami erupsi pada Minggu (4/4/2021), dengan tinggi kolom abu vulkanik teramati 2.000 meter dari atas puncak gunung.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 73 mm dan durasi lebih kurang 5 menit 31 detik," kata Kepala Pos Pantau Sinabung Armen Putra, seperti dikutip dari Antara, Minggu, 04 April 2021.


Saat ini Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) berada pada status Level III (Siaga).


Armen mengimbau warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi. Serta menjauhi lokasi-lokasi dalam radius 3 km dari puncak gunung. Selanjutnya radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.


Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanis.


Selain itu, lanjut dia, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanis yang lebat agar tidak roboh.


"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," ujarnya. (Ant/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini