-->
    |
Follow Us :

Dubes Ceko Kagumi Keindahan Pariwisata di Sumut

Kali Dibaca
Ket Foto : Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara R Sabrina menerima kunjungan dari Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Dolecek, di Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan, Selasa (27/4/2021).

Mediaapakabar.com
Duta Besar Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek mengagumi keindahan sejumlah destinasi pariwisata di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), khususnya destinasi super prioritas Danau Toba. Bahkan Ceko berniat menjalin kerja sama dan membangun hotel di kawasan pariwisata.

Hal tersebut diungkapkan Jaroslav Dolecek saat berkunjung ke Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (27/4/2021). Kedatangan Jaroslav Dolecek disambut Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina.


“Destinasi pariwisata terindah yang pernah saya lihat, saya sangat tertarik tentang keindahan alam di Sumatera Utara, mungkin nantinya kita bisa bekerjasama untuk pembangunan hotel di sana,” ujar Jaroslav Dolecek, usai melihat paparan tentang ragam potensi yang dimiliki Sumut, salah satunya potensi wisata alam yang indah.


Jaroslav Dolecek juga menjelaskan maksud dan tujuannya datang ke Sumut, antara lain untuk menjalin kerja sama pada bidang konservasi alam, ekonomi dan juga pendidikan. Serta berharap agar niat baik tersebut mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.


“Selama tiga bulan, ini adalah kunjungan provinsi yang keempat saya lakukan, kami tertarik untuk menjalin kerja sama, sedikitnya ada sebanyak 25 perusahaan energi ramah lingkungan yang bisa diajak melakukan kerja sama nantinya,” jelasnya,


Disampaikan juga, pada Juni mendatang rencananya, Menteri Lingkungan Republik Ceko akan berkunjung ke Sumut. Serta akan mengunjungi beberapa lokasi di Sumut yang berkaitan dengan kerja sama yang akan dilakukan.


Sekdaprov Sumut Sabrina menyambut baik apa yang disampaikan Duta Besar Ceko untuk Indonesia tersebut. Untuk selanjutnya akan melakukan rapat dengan organisasi perangkat daerah (OPD) di ruang lingkup Pemprov Sumut, dan membahas kerja sama apa yang dapat dilakukan antara Pemprov Sumut dan Republik Ceko.


“Habis ini kita rapat, kita bahas apa yang bisa kita tawarkan, jangan muluk-muluk, yang penting berdampak untuk masyarakat, jangan nanti asal MoU tapi tidak diaplikasikan,” ujar Sabrina.


Untuk kerja sama di bidang pendidikan, Sabrina mengatakan, Sumut dapat melakukan pertukaran pelajar atau pun dosen dengan Republik Ceko, serta melakukan kerja sama dalam hal penelitian.


Terkait rencana kunjungan Kementerian Lingkungan Republik Ceko ke Sumut, Sabrina pun mengatakan Pemprov akan siap menjamu dan memberikan pelayanan terbaik. ”Sehingga mereka nanti punya kesan baik akan daerah kita, dan harapannya dapat berdampak pada pembangunan kita,” tambahnya.


Sebelum meninggalkan acara, Sabrina memberikan kenang-kenangan berupa ulos, dimana ulos merupakan lambang atau simbol adat dari Suku Batak. Acara pertemuan tersebut pun disudahi dengan foto bersama. (MC/Red)

Komentar

Berita Terkini