Cara Mengirim Video Berdurasi Panjang ke WhatsApp

REDAKSI
Minggu, 18 April 2021 - 10:31
kali dibaca
Ket Foto : Mengirim video di WhatsApp terbatas untuk video berdurasi pendek. Anda bisa mencoba cara mengirim video berdurasi panjang di WhatsApp.(CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Mediaapakabar.com
Mengirim file video di WhatsApp terbatas hanya untuk video yang berdurasi pendek dan ukuran yang kecil. Namun, Anda tak perlu khawatir karena terdapat sejumlah cara mengirim video berdurasi panjang di WhatsApp.

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, setiap pengguna hanya dapat mengirim video dengan kapasitas maksimal 16 MB. Ukuran ini setara dengan video berdurasi 90 detik hingga 3 menit.


Jika video yang akan dikirim terlalu panjang, WhatsApp menyarankan untuk memangkas atau mengirimnya menjadi dua bagian. Cara ini bakal membuat video Anda terpotong.


Agar file video tetap utuh dan terkirim di WhatsApp, Anda bisa menggunakan dua cara berikut ini. Pertama, ukuran video dapat dikompres hingga di bawah 16 MB. Hanya saja, pengompresan video beresiko menurunkan kualitas video yang akan dikirim.


Mengecilkan ukuran video dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi pengompres video. Gunakan aplikasi pengompres video yang terpercaya. Perhatikan jumlah pengguna yang mengunduh aplikasi tersebut, rating, jumlah ulasan, dan ulasan pengguna yang telah menggunakan aplikasi tersebut.


Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengirim video berdurasi panjang ke WhatsApp adalah dengan menggunakan Google Drive atau aplikasi sejenis.


Aplikasi ini merupakan aplikasi tambahan yang harus didownload terlebih dahulu. Google Drive mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar sehingga memudahkan pengiriman video-video berkapasitas besar.


Berikut cara mengirim video berdurasi panjang di WhatsApp seperti dilansir dari CNNIndonrsia.com, Minggu 18 April 2021.


1. Unduh terlebih dahulu Google Drive pada laman Play Store atau App Store


2. Setelah berhasil mengunduh dan install, buka aplikasi.


3. Ketuk tombol tambah kemudian pilih opsi Upload.


4. Lalu pilih video yang ingin dikirim.


5. Tunggu hingga proses unggahan selesai.


6. Kemudian pilih tombol titik vertikal kemudian pilih opsi Salin Link.


7. Selanjutnya buka aplikasi WhatsApp dan tempelkan link tersebut ke pengguna tujuan.


8. Penerima cukup mengklik link tersebut untuk menonton videonya pada laman Google Drive.


Cara mengirim video berdurasi panjang ke WhatsApp dapat digunakan untuk mengirim video ke kontak personal maupun grup. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini