Berani Pecat 'Besan' Anggota DPR-RI, Bobby Nasution Dipuji PDIP

REDAKSI
Kamis, 29 April 2021 - 12:59
kali dibaca
Ket Foto : Junimart Girsang Pimpinan Komisi II DPR dari Fraksi PDIP. (INT)

Mediaapakabar.com
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Romo HR Muhammad Syafi'i, terlibat saling sindir dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution di media sosial Instagram, terkait pemecatan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Medan. 

Terkait hal itu, pimpinan Komisi II DPR dari Fraksi PDIP Junimart Girsang memuji keberanian Bobby memecat Kadis Kesehatan Medan.


"Urusan pemerintahan di Kota Medan adalah tanggung jawab Walikota Medan. Walikota, dalam mengambil sikap untuk merotasi OPD, tentu sudah melalui tahapan yang matang dan cerdas, dalam rangka mewujudkan pemerintahannya bisa bersinergi membangun Kota Medan," ujar Wakil Ketua Komisi II DPR, Junimart Girsang dilansir dari detikcom, Kamis (29/04/2021).


Menurutnya, pembangunan akan bisa terwujud bila SDM yang di bawahnya mendukung program Wali Kota.


"Bobby saat ini sedang membenahi SDM Pemkot Medan. Sebagai contoh, ketika dia mendapat informasi adanya praktik pungli di Kelurahan Sukadame Timur, Medan, langsung ke kelurahan dan menemukan fakta dari laporan itu. Bobby langsung mengambil tindakan konkret mengganti lurah tersebut," katanya.


Junimart menilai ketegasan Bobby merupakan bagian dari semangat 'membersihkan' kota Medan. Begitu juga pemecatan kadis kesehatan, yang diyakini merupakan bagian dari pembenahan SDM.


"Ini menunjukkan semangat dan ketegasannya untuk membersihkan kota Medan dari tangan-tangan pemimpin yang bekerja tidak sesuai dengan aturan dan mempermalukan wali kota. Pemutasian Kadis Kesehatan dan kadis lainnya menjadi hak prerogatif Wali Kota sesuai tupoksi berdasar asas-asas pemerintahan yang baik," sebut Junimart.


Junimart yakin masyarakat Kota Medan pasti mendukung ketegasan wali kota ini. Dia ingin mewujud realisasikan janji-janji kampanyenya secara konsisten tanpa melanggar hukum.


Kendati demikian, Junimart menilai Bobby seharusnya tidak perlu merespons Romo Syafi'i. Anggota DPR yang juga terkenal sebagai pengacara itu menyarankan Bobby fokus bekerja.


"Menurut saya, Bobby tidak perlu merespons, cukup kerja, kerja, kerja sajalah untuk membangun Kota Medan dan mencermati kinerja SDM para OPD-nya (organisasi perangkat daerah). Untuk mengubah Kota Medan harus punya 'kiat' tersendiri. Bobby sudah punya kiat itu," ujarnya.


Diketahui, anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Syafii menyindir Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution telah berbohong terkait alasan pencopotan Edwin Effendi dari jabatan Kepala Dinas Kesehatan Medan.


Sindiran itu disampaikan Syafii yang akrab disapa Romo ini melalui via akun Instagram @romo.syafii, kemudian langsung dikomentari Bobby sambil menyindir hubungan kekerabatan Syafii dengan Edwin.


"Ternyata Bobby sudah "ketularan" kebiasaan berbohong di awal masa jabatannya terkait dengan pencopotan Kadis Kesehatan Medan. Katanya telah mengingatkan berkali-kali Kadis soal Covid-19. Padahal itu tidak dilakukannya apalagi dia baru saja menjabat sebagai Wali Kota Medan," kata Romo, dalam akun Instagramnya, Selasa (27/4/2021).


Politikus Partai Gerindra itu juga menyinggung kerumunan yang setiap malam terjadi di Kesawan City Walk di Jalan Ahmad Yani Medan. Menurut Romo, sebelum Bobby menjadi Wali Kota Medan, zona oranye di Medan sedang menuju zona hijau.


"Sebelum dia menjadi Wali Kota Medan, zona oranye Kota Medan sedang menuju ke zona hijau, tetapi itu digagalkan Bobby dengan kerumunan massa kampanye Walikota Medan dan kerumunan di Kesawan setiap malam tanpa prokes," ucap anggota dewan dari daerah pemilihan Sumatera Utara I itu.


Tudingan mantan Anggota DPRD Sumut tersebut langsung dijawab oleh Bobby Nasution. Di kolom komentar, mantu Presiden Jokowi tersebut menjelaskan alasannya mencopot Edwin Effendi dari jabatan Kepala Dinas Kesehatan Medan.


"Saya tau Pak Kadis Kesehatan yang saya berhentikan merupakan besan dari Bapak Romo," cetusnya, lewat akun @bobbynst.


"Tapi ini sudah ada dasarnya dari inspektorat Kota Medan. Dan ini merupakan upaya saya untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kota Medan melalui perangkat saya yang mau dan bisa bekerja sama. Terimakasih Bapak Romo yang terhormat," ujar Bobby, yang juga diusung oleh Gerindra di Pilkada Medan 2020.


Diketahui, Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution mencopot Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi karena dianggap lambat menangani masalah Covid-19 di Medan. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini