Syaiful Syafri dan Yusri: Buku Kebijakan dan Perencanaan Sosial di Indonesia Ditulis Terinspirasi dari Filosofi Bupati Zahir

REDAKSI
Kamis, 25 Maret 2021 - 19:41
kali dibaca
Ket Foto : Penulis Drs Syaiful Syafri MM dan Dr Mohd Yusri MSI mendampingi Bupati Batubara Ir H Zahir M.AP.

Mediaapakabar.comBuku Kebijakan dan Perencanaan Sosial di Indonesia ditulis karena terinspirasi dari filosofi Bupati Batubara Ir H Zahir MAP yang menyatakan bahwa kita harus melindungi masyarakat dari Covid-19, sejak merebak di Indonesia awal Maret tahun 2020.

Sementara itu pertengahan Mei tahun 2020 Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo menyatakan kita harus hidup berdampingan dengan Covid-19.


Terinspirasi dari filosofi ini, ketika mendapat tugas menjadi Dosen yang membawakan mata kuliah Kebijakan dan Perencanaan Sosial, pada Program Studi Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera (UMSU).


Maka sejak kuliah perdana 23 Oktober 2020 terbetik untuk menuliskan buku ini berkolaborasi dengan Dr Mohd Yusri MSI, karena kami di tahun 2000 an adalah sesama dosen dan di tahun 2003 hingga 2014 sama sama bertugas sebagai birokrat  yang banyak membuat kebijakan serta merencanakan berbagai program yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan.


Hal tersebut disampaikan Drs Syaiful Syafri MM  berdampingan dengan Dr Mohd Yusri MSI mengawali  penjelasan penulis dalam acara launching Buku Kebijakan dan Perencanaan Sosial di Indonesia di hadapan Bupati Batubara Ir H Zahir M.AP, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara Prof Dr Ibnu Hajar Damanik, Rektor UMSU Dr Agussani MSi dan sejumlah Ilmuwan seperti Parapat Gultom Ph.D dan Dr Rudianto MSI selaku pembedah buku, Guru Besar Unimed Prof Dr Efendi Napitupulu, dari UISU DR dr Umar Zein SppD, dari USU DR Ir Indra Nasution, dari UMSU Dr Rizka Hafriani M.Psi, serta Kepala UMSU Pres Mohammad Arifin Spd.Mpd yang dihadiri wartawan media cetak dan elektronika medan serta koordinator pendamping Program Keluarga Harapan  (PKH) Mukhrizal Arif S Pdi, Mpd, di Hotel Madani Jalan SM Raja Medan, Rabu (24/03/2021).


Sementara itu, Dr Mohd Yusri MSI menjelaskan dari pemikiran ini serta masih langkanya buku yang berhubungan dengan Kebijakan dan Perencanaan Sosial di Indonesia.


Melalui berbagai literatur buku dapat terselesaikan penulisannya yang terdiri VII Bab dan 215 halaman yang dilengkapi dengan contoh contoh kasus faktual atas kebijakan Bupati Batu Bara Ir H Zahir M.AP dalam menangani Covid 19, kemiskinan, dan kebijakan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dalam menangani kemiskinan serta sejumlah kasus bencana alam banjir dan gunung meletus maupun keberadaan komunitas adat terpencil (KAT).


Usai bedah buku yang dimoderatori Dr Rizka Hafriani M.Psi oleh Parapat Gultom Ph.D dan Dr Rudianto Msi, Bupati Batubara Ir H Zahir MAP memberi sambutan sekaligus memesan 1500 buku untuk aparatur Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kecamatan serta Desa dan Kelurahan, sekaligus Rektor UMSU DR Agussani M.AP dan Prof Dr Ibnu Hajar Damanik Kepala LL Dikti Wilayah I Sumatera Utara memberi apresiasi kepada penulis buku yang dilaunching atas inisiator UMSU Pres seusai memberi kata sambutan. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini